Harga Cabai Meroket

714

Bangil (wartabromo) – Harga cabai merah dan cabai rawit di seluruh pasar tradisional di Pasuruan terus mengalami kenaikan. Kenaikan ini menurut pedagang akibat berkurangnya pasokan. Kekurangan pasokan ini antara lain disebabkan cuaca yang tak menentu.

Muzamiyah (49), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Bangil menuturkan, harga beragam jenis cabai terus meroket tajam dalam sebulan terakhir, khususnya cabai merah besar dan cabai rawit.

“Harga cabai merah besar sudah sampai Rp 50 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu/kg, cabai rawit juga naik dari Rp 32 ribu menjadi Rp 35 ribu,” katanya, Senin (28/11/2016).

Kenaikan harga cabai sungguh sangat meresahkan. Padahal normalnya hanya Rp25 ribu/kg. Kata Muzamiyah, cuaca ekstrim mengakibatkan pasokan cabai menjadi menurun, sehingga terpaksa dirinya dan penjual lain menaikkan harga cabai.

Baca Juga :   Pemuda Maron Jambret HP Honorer Dinkes Probolinggo

“Cuaca ekstrim sangat berpengaruh terhadap pasokan cabai. Sebab, daerah penghasil cabai banyak yang mengalami gagal panen, jadi pertumbuhannya tidak optimal. Distribusi barang mengalami keterlambatan dari biasanya. Pemasoknya harus nunggu barang banyak dulu baru dia mau antar ke pasar,” tuturnya.

Akibat naiknya harga cabai, Muzamiyah juga mengaku ada penurunan omzet karena jarang ada pembeli cabai dalam jumlah yang banyak. Penghasilan, lanjut dia, turun drastis.

“Agar barang laku, kita paling turunkan harganya sedikit,” ungkapnya.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Daya Uji menjelaskan, pihaknya terus melakukan monitoring secara berkala dengan maksud untuk mengetahui perkembangan harga sembako, baik yang mengalami penurunan maupun kenaikan.

Baca Juga :   Sembilan Desa Alami Kering Kritis, 90 Ribu Liter Air Disalurkan

“Kita sebulan tiga kali monitoring dari pasar satu ke pasar lainnya. Khusus untuk harga cabai memang masih naik karena pasokannya tidak terlalu banyak. Cuacanya kita ketahui sedang ekstrim, kadang hujan, terkadang juga panas sehingga merusak pertumbuhan tanaman cabai itu sendiri,” jelasnya.

Dari pantauan petugas di sejumlah pasar harga telur juga mengalami sedikit kenaikan yakni awalnya Rp16 ribu, kini menjadi Rp17 ribu. Sementara harga bawang merah turun dari Rp45 menjadi Rp37 ribu.

Harga beras IR 64 stabil yakni Rp 9 ribu/kg, gula Rp 12.500/kg dan minyak goreng Rp12.500/kg. (mil/fyd)