Pabrik Kayu Gending Ludes Dilalap Api

1048

Gending (wartabromo.com) – Untuk kedua kalinya, pabrik pengolahan kayu milik PT. Dura Surya Perkasa di Desa Bulang, Kecamatan Gending terbakar, Jumat (9/12/2016) . Diduga, api berasal dari ruang oven yang mengalami korsleting. Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, diperkirakan kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan informasi di tepat kejadian, kebakaran ini bermula dari ruang oven atau gudang pengeringan kayu olahan yang memercikkan api. Api dengan cepat meludeskan seisi gudang yang berisi tumpukan kayu olahan kering. Bahkan api turut memusnahkan sejumlah mesin pengering yang tidak sempat dievakuasi oleh karyawan.

Selain menyambar bahan – bahan yang mudah terbakar, kobaran api sulit dijinakkan karena angin tengah berhembus kencang. Beruntung sejumlah kayu yang sebelumnya berada di teras gudang dipindah oleh karyawan.

Baca Juga :   Awas! Leptospirosis Intai Warga Kota Probolinggo

Selain pemadaman secara manual, dua mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Probolinggo yang tiba di lokasi, tak mampu mengatasi amukan api. Tak hanya mobil damkar, satu unit mobil tangki milik Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat juga dikerahkan. Namun, setelah berjuang lebih dari 3 jam, api baru dapat dikendalikan.

pabrik1“Kami kesulitan untuk memadamkan api. Selain penuh dengan tumpukan kayu, ditempat ini tidak ada alat untuk mengkait kayu agar terurai. Karena kami harus mengurainya untuk mencegah munculnya titik api baru,” ujar Danang Purwanto, petugas Damkar.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, meski demikian satu gudang penuh kayu olahan ludes dengan kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah. Selain itu, aktivitas produksi kayu lapis tersendat.

Baca Juga :   Tunggu Proses Lelang, Jalan Berlubang Ditutup Sementara Pakai Bekas Galian Aspal

“Dari penyelidikan sementara, oven ini tidak dilengkapi dengan pendeteksi suhu yang terhubung dengan hidran air. Kebakaran ini sudah kedua kalinya, dulu gudang oven bagian terbakar pada 6 November,” ujar Kapolsek Gending AKP. Sunaryo.

Kasus ini tengah didalami oleh Kepolisian Resort Probolinggo. Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena terjadi konsleting panel atau percikan api pada mesin pengering di dalam gudang oven. (saw/yog)