Pemkab Pasuruan Gandeng Bulog Bentuk RPK hingga Pelosok Desa

915

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemkab Pasuruan bekerjasama dengan Bulog Malang untuk membentuk Rumah Pangan Kita (RPK). Pendirian RPK diperlukan agar harga komoditas pangan penting dengan harga terjangkau dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat di berbagai pelosok sehingga dapat menekan angka inflasi.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan pemkab akan membantu Bulog Malang untuk mempercepat pendirian RPK. Dia akan mengerahkan aparat mulai dari SKPD terkait hingga camat dan lurah untuk memberikan sosialisasi terkait dengan pendirian RPK.

Irsyad berharap, setidaknya setiap RW berdiri 1 RPK sehingga akses bahan kebutuhan pokok dengan harga yang wajar dapat dinikmati warga di berbagai pelosok wilayah.

“Banyaknya RPK di wilayah Kabupaten Pasuruan akan dapat menstabilkan harga komoditas pangan utama. Dengan begitu maka dapat menekan angka inflasi,” kata Irsyad, Jumat (16/12/2016).

Baca Juga :   Pegawai Pemkab Pasuruan Terima Tambahan Penghasilan Pegawai Daerah Rp 750 Ribu Sampai 12 Juta Perbulan

Saat ini masih sudah ada 60 warga yang sudah mengajukan permohonan menjadi agen RPK. Namun dari jumlah tersebut, baru 14 pemohon yang sudah diproses dan dua diantaranya telah resmi diluncurkan, yakni di Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Bangil.

Wakil Kepala Bulog Malang Dian Pharamita mengatakan untuk tahap awal komoditas yang dipasok RPK yakni beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu. Namun ke depan, Bulog bisa melayani komoditas lain yang telah dikelolanya.

“Dari sisi komoditas maupun distribusi, Bulog Malang siap melayani pasokan ke RPK jika di setiap RW di Kabupaten Pasuruan telah berdiri RPK. Baik dari sisi pergudagangan, komoditas, hingga sumber daya manusia mencukupi untuk mendukung keberadaan RPK yang ada di setiap RW,” katanya. (fyd/fyd)