Hilangkan Kesan Angker, Pemkot Anggarkan Rp 700 Juta Percantik Makam

2312

Pasuruan (wartabromo.com) – Tempat-tempat pemakaman umum di Kota Pasuruan yang terkesan angker alias seram akan segera dipercantik. Pasalnya, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Pasuruan sudah menyiapkan anggaran khusus untuk mempercantik 5 lokasi pemakaman yakni Pemakaman Purut I, Purut II, Bugul Kidul, Gadingrejo dan Pemakaman Bong (pemakaman umat kristiani) di Pleret.

Dyah Ermita Sari, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Pasuruan mengatakan, khusus untuk Pemakaman Gading, pihaknya akan membangun pagar keliling dan pemasangan lampu hias di sekeliling makam dengan anggaran hingga Rp 700 juta.

“Pemakaman Gading yang paling besar, dan belum ada pagar yang bagus maupun lampu yang menerangi sehingga kesannya masih angker dan menyeramkan,” kata Mita di sela-sela kesibukannya, Rabu (11/1/2017).

Baca Juga :   Bendera di Lautan Pasir Dicopoti Pengunjung, Alasannya Bikin Ngelus Dada

IMG_0174-1

Pembangunan pagar dan lampu hias diperkirakan akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2017, begitu juga dengan pemeliharaan empat kawasan pemakaman lainnya.

“Kalau untuk pemeliharaan tidak banyak alias tidak sampai ratusan juta untuk semua pemakaman di Kota Pasuruan. Kerusakan-kerusakan kecil akan kita perbaiki untuk tetap mempercantik area sekitar makam itu sendiri,” akunya.

Sementara itu, selain mempercantik makam, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Pasuruan juga tengah mendata jumlah dari seluruh makam se-Kota Pasuruan. Tujuannya tak lain untuk menghitung banyaknya makam dengan kapasitas pemakaman itu sendiri. (ron/yog)