Ratusan Pelajar Ikrar Pelopor Keselamatan

1184

Pajarakan (wartabromo.com) – Kecelakaan yang melibatkan kalangan pelajar sering kali terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo. Untuk menekan kecelakaan, ratusan pelajar melaksanakan apel Pelopor Keselamatan di halaman Mapolres Probolinggo, Rabu. (18/1/2017).

Ratusan siswa yang merupakan perwakilan dari SMP dan MTs se Kabupaten Probolinggo tersebut, langsung membacakan ikrar. Ikrar ini, untuk patuh kepada setiap aturan dimanapun, baik di sekolah maupun di jalan. Ikrar ini dibacakan oleh salah satu siswa dari SMPN 1 Gending.

“Kami berikrar atau janji untuk patuh dan taat peraturan agama dan bangsa, sekolah, dan aturan lalu lintas serta menjadi pelopor untuk keselamatan berlalu lintas. Dengan begitu, setidaknya ini akan meminimalisir kecelakaan di kalangan kami,” ujar Ahmad, salah satu pelajar.

Baca Juga :   Dewan Soroti Kinerja Inspektorat yang Lambat

Tak hanya siswa dan pejabat Polres Probolinggo, ikrar ini juga ikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Santoso, Kepala Sekolah SMP dan MTs dan pendamping.

IMG-20170118-WA0100

Menurut Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifudin, ikrar pelajar ini bertepatan dengan apel besar pelajar SMP/MTs dalam dekade aksi keselamatan di jalan tahun 2011 hingga ke 2020.

Ia mengatakan kemajuan teknologi bisa membuat pergi kemanapun, termasuk jenis tranportasi baik tranportasi umum maupun pribadi. Namun dengan kemudahan tersebut ternyata kendaraan yang turun di jalan tidak diimbangi dengan kesadaran lalu lintas.

“Banyak pelajar juga yang belum cukup umur mengendarai kendaraan dan tidak mempunyai SIM. Makanya dengan ini apel besar dan ikrar siswa ini bentuk dari pencegahan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan lalu lintas,” katanya. (saw/saw)