Serunya Tubing di Kali Pandan Laras, Nggak Jatuh Nggak Asyik…

1858

Gading (wartabromo.com) – Lereng Argopuro yang terbagi dalam beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Probolinggo, ternyata kaya akan potensi wisata alam. Ternyata River Tubing tak hanya dapat dinikmati di sungai yang terdapat di Kecamatan Tiris, di Kecamatan Gading juga ada beberapa spot yang bisa dijadikan arena river tubing.

Salah satunya di Water Sport Gading Wetan yang memanfaatkan derasnya arus Kali Pandan Laras, ber-tubing hanya cukup menempuh jarak 2,5 kilometer saja. Namun, meski cukup pendek, arena water sport yang sudah dikembangkan sejak 2013 ini, menyajikan tantangan yang gak kalah asyiknya. Ada beberapa spot yang sangat menantang dan mendebarkan jika ber-tubing disini.

Arus yang menantang itu sudah dimulai sejak garis start di Dusun Kedung Rejoso, beberapa ratus kemudian peserta menemukan ‘Gledek Jhudhuh’. Yakni sebuah spot jembatan tradisional yang bagus untuk selfi-selfi dengan pasangan. Saat memasuki jarak sekitar 500 meter, peserta diajak untuk meliuk-liuk menghindari bebatuan yang kokoh menghadang arus. Jika tidak berhati-hati, peserta tubing akan terjepit diantara bebatuan tersebut, oleh pengelola spot ini disebut ‘Bhetoh Takepek’.

Baca Juga :   Avanza Tabrak Trotoar, Sopir Mabuk Mengamuk

IMG-20170311-WA0083

Selain itu, peserta tak hanya diajak untuk meliuk-liuk lincah menghindari bebatuan, peserta tubing juga diajak melompat tinggi. Yakni di Dam Paras menjelang 100 meter sebelum finis.

Ayu Purina, yang mengaku baru kali tubing di Water Sport Gading Wetan ini, menceritakan pengalamannya saat melintasi jeram. “Yang paling keren saat melintas di jeram di wilayah dam. Kalau nggak salah ketinggiannya 2 meter. Pokoknya sekali mencoba buat ketagihan. Sensasinya saat naik ban terus liat pemandangan belum lagi kalau meluncur dan jatuh. Kalau nggak jatuh, nggak asyik,” ujarnya sambil tertawa.

Untuk menikmati liarnya ber-tubing di wisata air ini, peserta cukup merogoh kocek Rp. 50 ribu. Rombongan itu minimal ada 10 orang, kalau tidak mencukupi akan digabung dengan peserta lain.

Baca Juga :   8 Mobil Mewah Dimas Kanjeng 'Digiring' ke Polda

“Kami memang sengaja tidak membuat rute yang sangat panjang dan melelahkan. Karena umumnya pengunjung yang datang ingin bersenang-senang dan melepas kepenatan. Karenanya kami membautnya pendek, namun menantang. Normalnya, jarak sepanjang itu ditempuh selama 2 jam perjalanan,” ujar Kepala Desa Gading Wetan Supriyono.

Tertarik menerima tantangan dari sebuah ban dalam? Datang saja ke Desa Gading Wetan dan Desa Sentul, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Pastikan stamina Anda meluncur dengan ban dalam melalui aliran sungai Kali Pandan Laras. Jangan lupa siapkan sandal gunung, sunblock dan juga baju ganti. Selamat ber-tubing….(saw/Saw)