Belum Tentukan Pendamping, Gus Irsyad Fokus Kumpulkan Amunisi Sokongan Politik

577

Pasuruan (wartabromo.com) – Irsyad Yusuf belum menentukan kriteria secara utuh figur yang akan mendampinginya sebagai calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam Pilkada Pasuruan tahun 2018 mendatang. Sampai saat ini ia masih fokus mendapatkan sokongan amunisi politik dan pilihan pendamping masih dalam pertimbangan.

Secara garis besar disebutkan, syarat utama yang ditujukan pada sosok pendamping adalah yang benar-benar bekerja mendukung Bupati dalam tiap langkah dan kebijakannya nanti.

“Yang utama, posisi Wakil Bupati terus nafasnya (jangan) ingin seperti Bupati,” sergah Irsyad Yusuf.

Secara detail, Bupati yang juga ketua PKB Kabupaten Pasuruan ini mengaku belum menetapkan kriteria khusus terkait posisi kedua tersebut. Kriteria ini dimaknai antara lain, dari segi kualitatif, termasuk pada kemungkinan darimana figur wakil tersebut berasal.

Saat ini semua masih dalam pembahasan dan telaah untuk berbagai kemungkinan hingga ia memiliki keyakinan memilih figur yang tepat dan sehati.

Gus Irsyad, panggilan akrabnya menjelaskan, pihaknya juga belum memberikan ketentuan, bilamana wakilnya nanti berasal dari partai politik ataupun berasal dari kalangan PNS hingga profesional sekalipun.

“Kami masih melakukan komunikasi dengan partai-partai. Untuk keperluan itu (memilih wakil), saat ini kami masih menggodok,” ujar Gus Irsyad.

Ia menegaskan, komunikasi politik yang dilakukan saat ini masih pada rangkaian keinginan untuk bersama-sama menyokong kekuatan dirinya bertarung di Pilkada nanti.

Terkait pilihan figur pendamping, ia tetap mempercayai proses internal di partai yang dipimpinnya hingga masukan-masukan pihak lain, terutama para sesepuh maupun ulama yang selama ini mendukungnya.

Sebagai incumbent, Irsyad Yusuf, sejak setahun lalu telah ditetapkan oleh PKB untuk kembali dapat memimpin Kabupaten Pasuruan.
Terakhir, dukungan hampir sepenuhnya diberikan oleh Partai Hanura, setelah melalui serangkaian tahapan panjaringan calon kepala daerah.

Senada dengan Hanura, Irsyad juga mencoba menarik kekuatan politik PPP, dengan menyerahkan formulir pendaftaran calon Bupati.

Diketahui untuk dapat maju sebagai pasangan calon di Pilkada nanti, setidaknya harus mendapatkan sokongan 25% suara atau 20% jumlah kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan.

PKB Kabupaten Pasuruan saat ini memiliki 12 kursi dari 50 jumlah anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, sehingga bisa saja langsung melenggang maju dan bertarung di Pilkada mendatang.

Namun, jika benar-benar mendapatkan sokongan dari Hanura (1 kursi) dan PPP (3 kursi), modal politik Irsyad Yusuf, yang juga adik kandung Wagub Jatim Syaifullah Yusuf ini, bakal semakin besar menjadi 16 kursi. (ono/ono)