Pastikan UNBK Tak Ada Kendala, Walikota Pasuruan Sidak ke Sejumlah SMA

1147

Pasuruan (wartabromo.com) – Walikota Pasuruan, Setiyono melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah SMA, Senin (09/04/2018). Ia ingin memastikan pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMA sederajat di Kota Pasuruan tak ada kendala.

Setiyono melakukan sidak ke 3 sekolah, yakni SMK Bayt Al Hikmah, SMAN I dan MAN Kota Pasuruan.
Dari pantauannya, Setiyono mengaku cukup berpuas diri, setelah mengetahui tidak terdapat seorang siswa absen dalam ujian. Diketahui pelaksanaan UNBK hari ini, siswa harus menyelesaikan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal lain diinformasikan ke orang nomor satu di Kota Pasuruan ini, tidak ada laporan tentang listrik yang tiba-tiba padam atau kendala jaringan internet.

“Kalau di tingkatan SMK kemaren ada satu siswa asal SMKN 2 Kota Pasuruan yang tidak hadir dalam Unas. Oleh karenanya, siswa tersebut saya minta untuk mengikuti Ujian Susulan tanggal 17 dan 18 April mendatang. Sayang sekali kalau sampai tidak datang, maka ya tidak lulus,” kata Setiyono.

Pria yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Pasuruan itu mengingatkan kepada pelajar kelas XII agar menjaga kesehatan selama pelaksanaan ujian, serta meningkatkan intensitas belajar setiap harinya.

“Saya minta kepada orang tua untuk ikut serta menjaga putra-putrinya yang mau ujian. Khususnya anak laki-laki yang biasanya begadang sampai larut malam, saya minta supaya dilarang. Ini demi kebaikan mereka juga,” pintanya.

Tak hanya kepada orang tua dan para siswa, Setiyono juga mengintruksikan kepada semua sekolah untuk siap dalam menghadapi kendala-kendala yang ditemui dalam UNBK.

“Kalau ada jaringan yang rusak atau bermasalah, saya minta supaya siap. Jangan sampai siswa fokus, pikirannya terganggu akibat internet yang trouble atau tiba-tiba listrik padam. Semua sekolah harus stand by dan memastikan semuanya berjalan aman dan lancar,” himbaunya.

Setiyono kunjungi sekolah-sekolah bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pasuruan, Bahrul Ulum dan Indah Yudiani selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur untuk Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, dari data Cabdin Pendidikan Propinsi Jatim untuk Kota dan Kabupaten Pasuruan, jumlah siswa SMA/MA Negeri/Swasta se-Kota dan Kabupaten Pasuruan yang menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)mencapai 10.568 anak. Dengan rincian, 1649 siswa-siswi SMA/MA Negeri se-Kota Pasuruan dan 8919 pelajar SMA/MA Negeri swasta se-Kabupaten Pasuruan. Ujian dilaksanakan hingga tiga hari ke depan, yakni Matematika, Bahasa Inggris dan 1 mata pelajaran jurusan yang diujikan. (mil/ono)