3 SSK Pasukan Gabungan Amankan Rekap Pilkada

477

Probolinggo (wartabromo.com) – Polres Probolinggo waspadai potensi kericuhan dalam rapat pleno rekapitulasi Pilkada Serentak 2018 di KPU Kabupaten Probolinggo. Setidaknya 3 SSK Pasukan Gabungan dari Polres dan Kodim 0820 Probolinggo dipersiapkan.

Menurut Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol. Heri Susanto, pihak keamanan sesuai tahapan Pilkada Serentak, baik Pilbup Probolinggo dan Pilgub Jawa Timur tetap menyiagakan petugas. Setidaknya ada 3 SSK Pasukan Gabungan, yakni 2 SSK dari Polres Probolinggo dan 1 SSK Kodim 0820 Probolinggo yang dilibatkan. Selain itu ada juga personel dari Dinas Satpol PP KabupatenProbolinggo.

“Ya kami sesuai protap yang berlaku, kami menyiagakan personel untuk pengamanan rapat pleno rekapitulasi Pilkada. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan saat proses penghitungan,” kata Kompol Heri di kantor KPU Kabupaten Probolinggo, Rabu (4/7/2018).

Ratusan personel ini dibekali dengan mobil water canon dan senjata laras panjang. Selain pasukan berseragam, ada juga anggota berpakaian prema yang juga turut dalam pengamanan ini. “Kami membantu kepolisian untuk pengamanan,” kata Danramil Paiton Kapten (inf) Edi Sutomo, mewakili Dandim 0820 Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo M. Zubaidi mengatakan rapat pleno rekapitulasi dibacakan secara satu per satu oleh PPK sesuai urutan abjad. Mereka membacakan perolehan Pilgub Jawa Timur, yang kemudian diikuti oleh hasil Pilbup Probolinggo. “Sesuai tahapan Pilkada, kami hari ini melakukan pleno rekapitulasi hasil pilkada di tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Saat ini, masih berlangsung pembacaan hasil rekapitulasi hasil pilkada oleh PPK. Belum diketahui secara pasti kapan acara ini akan berakhir. (saw/saw)