Abu Vulkanik Gunung Agung Sasar Probolinggo

1087


Probolinggo (wartabromo.com) – Sebaran abu vulkanik dari letusan Gunung Agung di Pulau Bali dirasakan oleh warga Kota/Kabupaten Probolinggo. Belum ada laporan kemungkinan gangguan kesehatan, dialami warga.

Seperti yang dirasakan oleh warga Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Rabu (4/7/2018) siang. Abu vulkanik ini terlihat di lantai rumah warga. Tak hanya itu, sejumlah kendaraan bermotor juga kotor karena guyuran abu. Salah satu yang terdampak adalah Saifullah.

Ia mengaku kaget dengan adanya abu vulkanik, ketika ketika dirinya hendak keluar rumah dengan mobilnya. Ternyata seluruh bodi mobil hitam miliknya penuh dengan debu kasar. Padahal pada malam harinya, mobil jenis sedan itu selesai dicuci.

Baca Juga :   Komunitas Intelejen Daerah Kota Pasuruan Mendapat Pembekalan

“Mobil ini kan diparkir di depan rumah, awalnya saya kira abu yang dibawa angin Gending. Ternyata setelah diteliti bentuknya berbeda dengan abu di sekitar rumah. Bentuknya agak keputihan mirip dengan abu letusan erupsi Bromo lalu,” tutur warga Dusun Grogol ini.

Warga yakin abu itu merupakan kiriman dari Gunung Agung Bali. Sebab bentuknya cenderung kasar dan berguguran layaknya salju dengan warna abu-abu. “Besar kemungkinan, abu tersebut merupakan material ringan letusan gunung Agung Bali, yang terbawa angin dan sampai ke wilayah Probolinggo,” ujar Saifullah.

Perbedaan itu terletak pada bentuk fisik ada warna abu. Jika abu karena tiupan angin Gending yang sedang terjadi di wilayah Probolinggo, bentuknya lebih halus dan lembut. Sementara abu yang nampak belakangan di sekitar rumah warga, bentuknya kasar dan berwarna abu-abu keputihan. Bentuk fisik dan warnanya, persis sama seperti abu vulkanik erupsi Gunung Bromo pada 2015-2016 lalu.

Baca Juga :   Ribuan Santri Kota Probolinggo Shalat Ghaib untuk Korban Gempa NTB

“Taunya ya waktu bersantai di teras depan rumah. Kok terasa kotor dan banyak debu. Tapi debunya tidak seperti biasanya, agak kasar sedikit,” timpal Suparman, warga lain.

Tidak ada laporan adanya gangguan kesehatan, yang memungkinkan dialami warga akibat terpapar abu, selain belum ada penjelasan resmi, disampaikan oleh pihak berwenang, terkait “hujan” abu yang menyasar wilayah Probolinggo kali ini. (lai/saw)

Simak Videonya disini.