September 2018, Pengembangan SPAM Umbulan di Kota Pasuruan Dimulai

1023

Pasuruan (wartabromo.com) – Warga Kota Pasuruan akan menerima jatah 110 liter air per detik, melalui pengembangan proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan. Pemasangan pipa untuk penyaluran air bersih itu, akan dimulai September 2018 hingga Maret 2019.

Pemasangan pipa, termasuk pengembangan Proyek Strategis Nasional (PSN) SPAM Umbulan akan dilakukan di sejumlah titik wilayah Kota Pasuruan. Tercatat, ada 10 Kelurahan akan dilalui pipa, agar dapat menyalurkan air Umbulan.

Kabag hubungan langganan PDAM Kota Pasuruan, Slamet Suhartono menjelaskan 10 kelurahan itu, diantaranya Pohjentrek, Bonagung, Bukir, Sebani, Gentong, Gading, Trajeng, Karangnyar, Tambakan, dan Purworejo.

“Sebelum itu dilaksanakan, Adikarya selaku pelaksana proyek SPAM Umbulan dan PDAM Kota Pasuruan menggelar sosialisasi kepada seluruh warga yang berada di 10 kelurahan tersebut,’ ujar Selamet, Senin (27/8/2018).

Diungkapkan kemudian, air dari SPAM Umbulan, nantinya akan difokuskan untuk wilayah utara Kota Pasuruan, seperti Kelurahan Tambakan, Trajeng hingga Kelurahan Gading.

Diketahui Kapasitas air yang dialirkan dari SPAM Umbulan, diperkirakan mencapai 4.000 liter per detik.

Air sumber di wilayah Kecamatan Winongan tersebut, akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur untuk kemudian disalurkan, melayani lebih 1,3 juta jiwa atau sekitar 260 ribu kepala keluarga.

SPAM Umbulan didistribusikan ke PDAM masing-masing Kota Pasuruan (110 liter per detik); Kabupaten Pasuruan (410 liter per detik); Kota Surabaya (1.000 liter per detik); Sidoarjo (1.200 liter per detik); Gresik (1.000 liter per detik). Selain itu PDAB Provinsi Jatim, juga mendapat jatah pengelolaan air bersih untuk kawasan industri, sebesar 200 liter per detik. (trd/ono)