Lahan di Sekitar Pabrik Kimia Terbakar

1034
Petugas mencoba memadamkan api di lahan sekitar areal pabrik kimia di Gerongan, Kraton, Kabupaten Pasuruan, Senin (10/9/2018). Foto: PMK untuk WartaBromo.

Kraton (wartabromo.com) – Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini, lahan di sekitar PT Galic Bina Mada di wilayah Gerongan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Senin (10/9/2018).

Kebakaran ilalang kering di lahan itu, terjadi ketika cuaca masih terbilang panas, seusai Ashar tadi. Api saat itu diketahui sudah membesar, hingga sejumlah warga panik, bahkan beberapa lainnya dikatakan sempat berteriak, menunjukkan ada kebakaran.

Diungkapkan kemudian, hal yang membuat khawatir, karena kebakaran berada di lahan milik pabrik pengolahan bahan kimia.

Tidak berapa lama, mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkab Pasuruan datang. Sejumlah petugas langsung melakukan upaya penyemprotan di lokasi kebakaran.

Terlihat petugas, menyisiri pinggir lahan terbakar untuk dapat mencapai titik api yang seakan terus membesar.

Baca Juga :   Ditelantarkan Usai Dikerok, Banyak Pemotor Kecelakaan di Jalur Pantura

Kondisi panas disertai angin kencang membuat, petugas damkar sedikit kesulitan, saat mencoba jinakkan api.

Menjelang Maghrib, api terlihat masih berkobar, meski sedikit demi sedikit sudah mulai berhasil dipadamkan.

“Tim yang dipandu Pak Rudianto sudah mulai bisa padamkan api,” kata Ruspandi, Kepala PMK Kabupaten Pasuruan.

Sampai warta ini disusun, upaya pembasahan masih dilakukan, untuk mengantisipasi kemungkinan terdapat bara api, yang muncul dan memicu kebakaran kembali.

Sebelumnya diketahui, kebakaran juga sempat terjadi di sebuah lahan di sekitar wilayah Bangil. Kebakaran sempat membuat panik warga, meski kemudian dapat diatasi dan dipadamkan.

Tidak ada penjelasan terkait penyebab kebakaran. Namun, beberapa pihak memyebutkan, api muncul dipicu cuaca panas di puncak kemarau kali ini. (ono/ono)