Sediakan Rp 249 Juta, SDN Tongas Wetan 4 Direhab Oktober

941
Plafon atap SDN Tongas 4 Probolinggo, jebol dan belum mendapatkan perhatian.

Probolinggo (wartabromo.com) – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo membantah tak memperhatikan SDN Tongas Wetan 4, karena rehab 3 ruang kelas sekolah itu sudah dianggarkan dalam APBD 2018. Dana sebesar Rp. 249.924.000, telah disiapkan untuk merehab 3 ruang kelas itu.

“Dalam pekan ini atau awal Oktober sudah ditransfer ke rekening sekolah, sehingga segera dikerjakan. Karena pihak sekolah sudah melakukan MoU dengan kami untuk merehabilitasi ruang kelas itu,” kata Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendik setempat, Fathur Rosi kepada wartabromo.com, Minggu (30/9/2018).

Rosi, begitu ia sapa, membantah pihaknya mengabaikan kerusakan 3 ruang kelas SDN Tongas Wetan 4 tersebut. Buktinya, pihaknya sudah menganggarkan rehab 3 ruang kelas itu. Untuk 3 ruang kelas itu, sudah disiapkan dana anggaran sebesar Rp. 249.924.000 melalui dana sharing APBN. “Kami carikan rehab ruang kelas itu ke pusat dan alhamdullilah bisa dianggarkan melalui dana sharing APBN. Cuma tidak serta merta direhab, butuh proses,” ujarnya.

Rehab 3 ruang kelas itu, menggunakan sistem swakelola, artinya dikerjakan oleh pihak sekolah. Bukan menggunakan pihak ketiga melalui tender. “Harapannya, dengan dikerjakan sendiri oleh sekolah, bangunan itu lebih baik. Krena mereka tidak memikirkan untung rugi, seperti kontraktor,” ungkap pria asal Kecamatan Paiton itu.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, puluhan siswa SDN Tongas Wetan 4, terpaksa belajar di musala dan perpustakaan. Sebab, ruang belajar mereka rusak dan sangat membahayakan. Atap gedung sudah melengkung tak kuat menahan beban. Sementara plafon rontok dimakan usia. (lai/saw)