KPU Kabupaten Probolinggo Dijatah 17.523 Kotak Suara

931

Probolinggo (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, mendapat jatah sebanyak 17.523 kotak suara baru dari pusat. Untuk kotak suara yang lama akan dilelang oleh KPU.

Untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019, KPU Kabupaten Probolinggo terus mempersiapkan kebutuhan logistik kotak suara. Sesuai perhitungan, kebutuhan logistik kotak suara sebanyak 17.523.

Kotak suara ini terbuat dari karton tebal, bukan alumunium seperti biasanya.
Selasa (23/10/2018) kemarin, pengiriman kotak suara itu sudah tiba di gudang penyimpanan KPU. Yakni dua kontainer yang masing-masing berisi 2.600 kotak suara atau total sebanyak 5.200 kotak suara. Sementara sisanya, sebanyak 12.323 kotak suara akan dikirim secara bertahap.

“Kotak suara yang datang langsung kami simpan di gudang. Karena sudah siap palet supaya aman dari air ataupun lembab. Sementara sisanya dikirim secara bertahap,” ujar Ketua KPU Kaupaten Probolinggo, H.M Zubaidi, Rabu (24/10/2018).

Baca Juga :   Main Kiu-kiu di Poskamling, Dua Penjudi Disergap Polisi

Zubaidi menuturkan untuk kotak suara yang lama, yaitu kotak suara yang digunakan untuk Pilkada 2018, akan dilelang. Untuk itu, KPU bersama kepolisian, dan Bawaslu, menandatangi berita acara pembongkaran kotak suara pada Jumat (19/10/2018). Proses pembongkaran dan pengeluaran surat suara diperkirakan 10 hari lamanya.
Selanjutnya, dilakukan persiapan lelang kotak suara yang terbuat dari aluminium.

“Sekarang kami proses pengajuan izin ke KPU pusat, untuk lelang kotak suara. Nantinya, lelang akan dilakukan oleh KPKNL Jember. Kemudian uangnya akan masuk ke kas negara,” ungkap Zubaidi. (cho/saw)