Baru Direhab, Ruang Kelas SDN 4 Klakah Bernilai Rp 193 Juta Ambruk

978
Pekerja membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk pasca terkena hujan selama 12 jam.

Lumajang (wartabromo.com) – Baru selesai dibangun, ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 4 Klakah, di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang ambruk. Konstruksi bangunan ini diduga buruk, hingga tidak bisa menampung lebatnya guyuran hujan.

Dilansir dai pojok pitu, bangunan yang ambruk yakni ruang kelas 2 dan 3. Selain itu, dua ruang lain yang juga mengalami kerusakan bahkan hampir bernasib sama yakni ruang kelas 1 dan ruang guru.

Buasan Arifin, Kepala Sekolah SDN 4 Klakah mengatakan, kejadian ini bermula saat hujan mengguyur Desa Klakah dan sekitarnya selama kurang lebih 12 jam. Lalu, atap bangunan yang terbuat dari besi galvalum ini ini tiba-tiba ambruk, pada Jumat (7/12/2018) pukul 01.00 WIB.

“Ini bangunan sebelumnya direhab, bagian atas. Menghabiskan dana Rp 193 juta dari Dana Alokasi Umum (DAU),” terangnya.

Ditambahkan, bangunan ini mulai direhab sejak bulan Juli lalu, dan baru selesai pada bulan Oktober. Tak butuh waktu lama, 1 bulan kemudian atap bangunan yang dibangun oleh rekanan ini tiba-tiba ambruk disapu hujan. Sementara beberapa bangunan lain temboknya retak.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Siswa yang ruang kelasnya pun terpaksa harus menumpang di kelas siswa lain. Pihak sekolah sampai sekarang masih berupaya untuk membersihkan puing-puing sisa ambruknya kelas. (may/ono)