Jelang Natal, Harga Daging Ayam dan Telur di Pasuruan Naik

1492

Purwosari (wartabromo.com) – Harga telur dan daging ayam di Pasar Purwosari, Kabupaten Pasuruan naik. Melambungnya harga terjadi menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.

Lilik (49) salah satu penjual daging ayam di Pasar Purwosari mengatakan, jika kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak Senin (17/12/2018) kemarin. Daging ayam yang semula seharga Rp 35 – 36 ribu, saat ini merangkak naik hingga Rp 38 ribu.

“Harga ayam naik mulai Senin kemarin, soalnya mau tahun baru dan hari natal,” ujarnya kepada WartaBromo, Rabu (19/12/2018).

Lilik menyebut, kenaikan harga daging ayam berpedoman pada harga telur. Menurutnya, telor sudah lebih dulu mengalami kenaikan harga, pada Sabtu (15/12/2018) kemarin. Harga telur yang semula Rp 18 ribu/kilogram, saat ini sudah tembus Rp 26 ribu/kilogramnya.

Baca Juga :   Terpergok Hendak Pesta Sabu, Sekelompok Pemuda Ini Ditangkap

“Iya kita matoknya melihat harga telur dulu, tapi kalau mau ada event kayak besok ini, harga otomatis naik,” imbunya.

Pedagang memperkirakan, harga daging ayam dan telur akan kembali normal H+3 tahun baru 2019. Biasanya lauk pauk ini akan kembali dengan harga normal, atau bahkan jauh dibawah normal.

Penjual Daging ayam di Pasar Purwosari. (Foto : Rozikin)

“Kalau habis tahun baru harga kembali normal yaitu Rp 35 ribu – 36ribu kadang juga turun sampai Rp 30 ribu; Rp 31 ribu; atau Rp 32 ribu untuk daging ayam,” paparnya.

Meski begitu, kenaikan harga daging ayam dan telor ini tidak mempengaruhi daya jualnya di pasaran. Lilik mengaku, penjualannya tetap sama seperti sebelum kenaikan harga.

Baca Juga :   Kacab Dinas Pendidikan Jatim Tanggapi Soal Mahalnya Biaya Pendidikan SMA di Kabupaten Pasuruan

“Pelanggan hanya merasa kaget jika sudah naik dengan harga sebesar itu, tapi tetap beli,” pungkasnya. (trr/may)