Jadi Penyebab Banjir Rowokangkung, Tanggul Sungai Bondoyudo Segera Diperbaiki

2354

Lumajang (wartabromo.com) – Tanggul sungai Bondoyudo jebol disebut sebagai salah satu penyebab banjir di Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur merespon, segera melakukan perbaikan.

Dilansir dari Pojok pitu, Kepala BPBD Jatim, Subab Wahyuwono mengatakan, besarnya banjir yang menerjang dua desa di Kecamatan Rowokangkung setelah 2 titik di tanggul Sungai Bondoyudo ambrol. Jebolnya tanggul di titik tersebut diperkirakan sepanjang 50 meter.

“Ada tanggul yang jebol, di Sungai Bondoyudo yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Kami akan melakukan pembenahan. Sementara kami bicarakan dengan pemerintah setempat termasuk Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur,” ujarnya, Senin (24/12/2018).

Dikatakan kemudian, sembari menunggu pematangan konsep perbaikan tanggul bersama tim kecil, sementara BPBD akan memasang bronjol-bronjol di titik jebolnya tanggul. Hal ini untuk menahan air sungai masuk ke Desa-desa.

Baca Juga :   Koran Online 12 Sept : BJ Habibie Tutup Usia, hingga Rumah di Lumbang Meledak

“Jangka pendek, mau pasang bronjong-bronjong untuk mengantisipasi adanya hujan lagi,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan mengguyur Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang selama lebih dari 17 jam. Hal ini membuat tanggul di Sungai Bondoyudo dan Sungai Genitri jebol. Air bercampur lumpur dengan kedalaman setinggi lebih dari lutut orang dewasa menggenangi 2 desa di Kecamatan tersebut.

Banjir menggenangi beberapa tempat diantaranya Dusun Persil, Perkampungan Genitri Kidul dan Perkampungan Banter, di Desa Rowokangkung. Sementara di Desa Sidorejo, meliputi Dusun Wungurejo dan Dusun Penggung Kidul. (may/ono)