Hiii… Ulat Bulu “Serbu” Desa Sumberkare

2001

Wonomerto (wartabromo.com) – Warga Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo Resah muncul banyaknya ulat Jati di areal pemukiman mereka. “Teror” ini dialami warga sejak lima hari terakhir.

Ulat-ulat itu banyak menempel di pepohonan, bahkan menyebar di halaman, tembok, sampai ruang tamu dalam rumah.

Tak jarang, ulat-ulat itu berjatuhan mengenai warga yang tengah melintas di jalanan, yang banyak ditumbuhi pohon.

Salah satu warga, Nurhasanah mengungkapkan, ulat jati tersebut diakui kerap muncul setiap tahunnya. Hal itu, wajar terjadi karena tak jauh dari pemukiman, terdapat hutan jati.

Ia mengungkapkan, ulat tersebut biasa datang di saat ketika musim hujan tiba, kemudian selang beberapa hari ulat menghilang.

Baca Juga :   Pikap Disasak Bus Restu di Pandaan, 1 Tewas 2 Luka

“Memang ini fenomena tahunan tetapi bagi warga yang takut ulat, fenomena ini merupakan fenomena yang paling mengerikan. Kalau ulat ini banyak ditembok rumah, terpaksa saya membersihkanya meski jijik karena takut masuk rumah,” ungkapnya saat di tanya oleh sejumlah pewarta, Rabu (02/01/2019).

Menurutnya, warga masih beruntung lantaran saat ini tidak musim tanam jagung. Pasalnya, ulat bakal memangsa tanaman jagung milik warga, seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu.

“Warga pasrah dan berharap ada upaya dari Pemerintah terkait agar serangan ulat jati ini segera berakhir,” tutupnya. (fng/ono)