Saluran Air Tersumbat, Alun-alun Kota Pasuruan Dikepung Banjir

0
1565

Pasuruan (wartabromo.com) – Seharian hujan, Alun-alun Kota Pasuruan dikepung banjir. Adanya penyumbatan saluran air diperkirakan jadi penyebab, hingga air meluap ke jalanan.

Air terlihat menggenang dengan ketinggian lebih 30 sentimeter, di sebagian besar badan jalan raya, terutama di sisi timur, utara dan barat Alun-alun. Sementara, meski masih bisa melintas, sejumlah pengguna jalan terpaksa melambatkan laju kendaraannya.

Namun demikian, kepungan banjir ini, oleh sejumlah pengguna jalan, terbilang tak wajar, karena baru kali ini banjir cukup merata hampir mengelilingi Alun-alun.

“Aneh ya, padahal baru dibangun kan Alun-alunnya. Kok malah banjirnya besar,” ujar Hilmi, warga Kota Pasuruan saat melintasi banjir.

Banjir di seputar Alun-alun, terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Pasuruan kota dan sekitarnya. Terungkap kemudian bila air yang membanjiri jalanan di pusat Kota Pasuruan ini dipicu oleh tersumbatnya saluran pembuangan air.

Beberapa pedagang menjelaskan, banjir yang terjadi di Alun-alun tidak akan lama karena air yang menggenang langsung cepat surut, ketika hujan mulai reda.

“Ini nggak lama kok, habis ini terang dan selokannya lancar airnya surut lagi,” ungkap penjual nasi goreng Alun-alun.

Hujan kali ini juga mengakibatkan sejumlah batang pohon patah hingga berserakan ke jalanan. (mg2/ono)