Wali Kota Probolinggo Rencanakan Bangun RS Bertaraf Nasional

0
2243
Serah Terima Jabatan Walikota Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dan wakilnya, M. Soufis Subri menjanjikan akan membangun rumah sakit bertaraf nasional. Rumah sakit ini, akan dijadikan rujukan bagi warga di Tapal Kuda.

Rencana itu, diungkapkan oleh Habib Hadi saat menyampaikan visi-misinya dalam acara sertijab, Rabu (6/2/2019). Pembangunan rumah sakit tersebut, bukan tanpa alasan. Dengan pembangunan rumah sakit, diharapkan mampu memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat. Serta mendongkrak perekonomian masyarakat secara global.

Rumah sakit yang akan dibangun itu, ditargetkan mampu menjadi rumah sakit rujukan. Khususnya untuk wilayah tapal kuda, Jawa Timur. Mulai dari Kota/Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi.

“Pembangunan itu akan dilaksanakan di daerah selatan. Sementara rumah sakit yang ada akan ditingkatkan untuk menangani penyakit tertentu. Untuk mewujudkan itu, kami akan menggandeng universitas, agar membuka fakultas kedokteran di Kota Probolinggo,” kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Tak hanya pembangunan rumah sakit baru, pengadaan ambulan di setiap kelurahan juga diwacanakan. Agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan lebih cepat. Langkah awal, kesejahteraan kader posyandu akan segera ditingkatkan. Dimana kader posyandu, merupakan salah satu pioner pelayanan kesehatan di masyarakat. Termasuk perbaikan infrastruktur lainnya di Kota Probolinggo untuk mendukung hal tersebut.

Sebagai informasi, wacana pembangunan rumah sakit di kawasan selatan Kota Probolinggo, sebetulnya pernah di gulirkan pada masa kepemimpinan wali kota sebelumnya. Namun hingga saat ini, pembangunan rumah sakit itu tidak pernah terlaksana.

“Hal yang baik pada pemerintahan sebelumnya, tetap kami lanjutkan,” ungkap Hadi.

Di sektor lain, Wali Kota Probolinggo juga berencana melakukan optimalisasi wilayah pesisir pantai Mayangan. Yakni menjadi kawasan wisata baru, yang diharapkan mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan datang. (fng/saw)