Diguyur Hujan Semalam, 9 Desa di Pasuruan Kebanjiran

1154
Banjir di Desa Toyaning. (Foto: Khoirul Anam)

Pasuruan (wartabromo.com) – 9 Desa di Kabupaten Pasuruan tergenang banjir akibat diguyur hujan pada Minggu, (11/2/2019) malam. Hingga Senin pagi, banjir di sebagian wilayah tersebut belum juga surut

Berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, genangan banjir terjadi di wilayah barat yakni Desa Masangan, Kecamatan Bangil. Terpantau pula di wilayah timur seperti di Desa Bandaran dan Prodo, Kecamatan Winongan. Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati. Desa Rejoso Lor dan Pateguran, Kecamatan Rejoso.

“Genangan sudah terpantau hanya di jalanan saja, tidak masuk ke permukiman warga. Namun di Masangan, Bangil hingga pagi ini masih cukup tinggi,” ungkap Bakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan saat dihubungi Wartabromo, Senin (11/2/2019).

Ia menambahkan, pihak perangkat desa di tiap-tiap daerah tersebut sudah melakukan penanganan darurat namun tidak sampai membangun dapur umum. Pihak BPBD juga tampak bersiap jika sewaktu-waktu dibutuhkan pertolongan oleh warga.

Sementara, berdasarkan pantauan Wartabromo, Desa Toyaning, Kecamatan Rejoso tampak tergenang banjir setinggi 30-50 cm dan hingga Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIB belum juga surut.

“Belum surut, di Dusun Toyaning Kidul malah masuk ke tiga rumah,” ungkap Khoirul Anam, Warga Desa Toyaning.

Diwartakan sebelumnya, banjir juga terjadi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton hingga menutup jalan raya Pantura. Sementara, di Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek, juga tergenang banjir dengan ketinggian rata-rata setengah meter. (ptr/may)