Bank Sampah Induk Kota Pasuruan Kebakaran

1743
Petugas dan Warga saat mengamankan beberapa barang di Bank Sampah Kota Pasuruan saat kebakaran, Jumat (15/2/2019).

Pasuruan (wartabromo.com) – Bank Sampah Induk (BSI) Kota Pasuruan terbakar, Jumat (15/2/2019) pagi. Akibatnya, tumpukan sampah di dalam gudang tersebut hangus terbakar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rudiyanto, mengungkapkan, kejadian terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. BSI yang beralamat di Jalan Dr. Wahidin S H XI itu sedang menyiapkan sampah kertas, kardus, dan plastik yang akan diambil oleh pengepul dari Beji.

Lalu tiba-tiba kepulan asap muncul dari dalam gudang penyimpanan berbagai jenis sampah itu. Api pun tampak sesaat kemudian, dan menyambar ke tumpukan sampah tersebut.. Karena mudah terbakar, maka api cepat seluruh isi gudang penyimpanan sampah itu.

Sekitar pukul 05.00 WIB sebanyak 3 mobil Pemadam Kebakaran Kota Pasuruan tiba di lokasi kebakaran. Dengan dibantu warga, Regu I PMK yang bertugas, akhirnya berhasil memadamkan api setelah 1 jam melakukan pembasahan.

“Yang terbakar, hanya sampahnya, bangunannya aman,” ujar Rudi, Rabu (15/2/2019).

Dugaan sementara, api muncul akibat adanya korsleting listrik di bangunan tersebut. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian materil yang ditimbulkan, ditaksir sebesar Rp 40 juta.

Pasca api padam, regu PMK dibantu dari petugas DLH, melakukan pembersihan untuk memastikan tak ada titik api lain yang bisa memicu kobaran api baru. Bangunan berukuran 8 x 8 meter itu tampak berserakan sampah hangus bekas terbakar. Setelah api dipastikan benar-benar padam, petugas PMK meninggalkan TKP sekitar pukul 08.30 WIB. (bel/may)