Kantor Desa Wonokerso Dihantam Longsor

0
456

Sumber (wartabromo.com) – Kantor Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, rusak dihantam longsor, Sabtu (16/2/2019). Longsor terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi melanda kawasan tersebut.

Informasi yang didapat wartabromo.com, hujan deras melanda lereng Pegunungan Tengger, terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Tak hanya hujan, petir dan angin kencang turut menyertainyai. Cuaca ekstrem ini berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

Akibatnya, bibir tebing setinggi 15 meter di Dusun Krajan longsor. Material longsoran pun menimpa kantor desa Wonokerso yang berada di bawahnya. Tembok kantor desa itu pun rusak berat. Beruntung tak sampai membuat kantor desa ambruk.

“Rusak parah karena terkena longsoran. Tak ada korban jiwa,” kata Sudir Supriyadi, warga setempat.

Selain kantor desa, longsor juga terjadi di di Dusun Ledoksari. Rumah seorang warga bernama Julik terkena longsor di bagian belakang. “Sekarang sudah gak hujan, tapi warga masih saya imbau untuk tetap waspada. Karena biasanya longsor terjadi setelah hujan reda,” ujar relawan bencana ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, sudah melakukan pendataan awal. Untuk kantor desa diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp15 juta. Sementara kerugian Julik tidaklah seberapa karena hanya rusak ringan.

“Upaya pembersihan material longsor akan dilaksanakan besok pagi. Karena kondisi sudah mulai malam. Lokasi juga rawan, maka baru besok dilakukan assessment secara lebih rinci. Terkait apakah akan berpotensi longsor susulan atau perlu pengamanan lokasi dan lain-lain,” ungkap Anggit. (saw/saw)