‘Baliho Jokowi’ Sambut Jamaah Haul Habib Ja’far di Pasuruan

6089

Pasuruan (wartabromo.com) – Haul Habib Ja’far Bin Syaikhon Assegaf ke – 65 yang puncaknya akan digelar, hari ini Minggu (17/2/2019) dipastikan ramai dan dihadiri ribuan jamaah.

Pantauan wartabromo, sejumlah ucapan selamat datang bagi para jamaah haul bermunculan dari berbagai pihak mulai dari para tokoh, pejabat negeri hingga politisi.

Salah satunya yakni baliho bergambar Presiden Joko Widodo yang dipasang bergandengan dengan gambar anggota DPR RI fraksi Golkar asal Pasuruan M. Misbakhun di beberapa titik jalan di Kota Pasuruan. Seperti di jalan raya depan Eks Mall Poncol, misalnya.

Ucapan selamat datang dari Joko Widodo selaku Presiden RI ini mulai bertebaran di sudut kota seolah ingin mencari simpatik jamaah dan berkah dari Haul Habib Ja’far Bin Syaikhon Assegaf.

Kemunculan baliho Jokowi yang maju sebagai Capres ini memang bisa dimaklumi, pasalnya keberadaan Haul Habib Ja’far Bin Syaikhon Assegaf memang selalu menyedot perhatian.

Hampir setiap tahun, Haul Almagfurllah Habib Ja’far selalu dihadiri oleh ribuan jamaah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka selalu memadati lokasi haul terutama di sekitar alun – alun Kota Pasuruan.

Habib Ja’far Bin Syaikhon Assegaf memiliki nama lengkap Habib Ja’far bin Syaikhan bin Ali bin Hasyim bin Syeikh bin Muhammad bin Hasyim Assegaf.

Beliau Lahir di kota Ghurfah, Hadramaut pada tahun 1298 H. Sang Habib pernah menuntut ilmu di Hadramaut Yaman, kemudian berdakwah di Surabaya dan akhirnya menetap di Pasuruan.

Habib Ja’far bin Syaikhon as-Seggaf merupakan  seorang ulama besar dan waliyullah di kota Pasuruan yang bertarekat Alawiyah. Semasa hidupnya dikenal memiliki banyak karomah termasuk lantunan suara bacaan Al-Qur’an sang habib yang konon sangat merdu sehingga menyentuh hati siapapun yang mendengarnya.

Ia menghabiskan hidupnya untuk berdakwah sehingga tak heran jika kecintaan umat terhadapnya sangat besar terutama yang mendapatkan keberkahan dari ulama yang wafat pada hari senin tanggal 7 Februari 1955 atau 14 Jumadil akhir 1374 Hijriyah tersebut. Habib Ja’far dimakamkan di kompleks masjid Jami’ Al – Anwar Kota Pasuruan. (**/**)