Punguti Sampah, Wakil Wali Kota Probolinggo Terjun ke Sungai

0
1313
Subri, Wakil Wali Kota Probolinggo saat nyemplung sungai, bersih-bersih sampah.

Probolinggo (wartabromo.com) – Wakil Wali Kota (Wawali) Probolinggo, M. Soufis Subri nekat melompat ke dasar sungai di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Jumat (22/2/2019). Bukan apa, ia memunguti sampah yang berserakan dan menyumbat aliran air.

Subri tak sendirian membersihkan kali yang berada di pinggir jalan pantura (Probolinggo-Surabaya) itu. Sedikitnya 200 warga bersama pelajar ikut berpartisipasi membersihkan sampah. Mereka bergotong royong memungut sampah organik dan non organik.

Tak hanya sampah, tanaman-tanaman yang tumbuh liar di pinggiran jalan juga dicabuti, agar terlihat bersih dan indah. Selain juga menginginkan arus air tak terhambat saat hujan tiba, karena berpotensi mengakibatkan banjir.

“Ya sengaja kami gelar kerja bakti ini untuk membersihkan sampah yang berserakan ditepian sungai ini, juga tanaman-tanaman liar yang tumbuh di sepanjang jalan ini. Kami dibantu oleh beberapa instansi seperti BPBD Kota dan Kabupaten Probolinggo, juga para pelajar di sekitar sungai dan beberapa karyawan perusahaan,” kata Wawali.

Subri pun mengimbau pada masyarakat supaya jangan buang sampah di sungai. “Bila tidak bisa membersihkan, setidaknya jangan mengotorinya. Kami harap masyarakat sadar akan kebersihan, jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan apalagi membuang di sungai. Itu sangat tidak terpuji,” imbau Subri.

Menurut warga, kerja bakti sebagai cara melihat sejauh mana kesadaran masyarakat dalam kebersihan.

“Dengan diikutsertakan para pelajar dalam kerja bakti ini, setidaknya mereka dapat belajar dan menjaga kebersihan,” ujar Sudarmanto, salah satu warga.

Kerja bakti ini, diyakini dapat melestarikan budaya gotong royong warga Kota Probolinggo. Hal lain juga peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN) 2019. (fng/saw)