Rasya, Balita Penderita Gizi Buruk di Kota Pasuruan

1370

Pasuruan (wartabromo.com) – Muhammad Rasya Maulana, balita berusia 14 bulan didiagnosis menderita gizi buruk. Kini ia mendapatkan perawatan intensif di RSUD Dr Soedarsono, Kota Pasuruan.

Rasya, sapaan akrab balita ini sebelumnya dirawat di Puskesmas Kebonagung. Hingga tanggal 19 Februari 2019, ia kemudian dirujuk ke ruang perawatan anak RSUD Dr Soedarsono, Kota Pasuruan.

Plt Direktur RSUD Dr Soedarsono, dr. Tina Soelistiani mengungkapkan, balita asal Kelurahan Kebonagung itu memang menderita gizi buruk. Saat pertama kali dirawat di rumah sakit berplat merah ini berat badannya hanya 5,7 kilogram.

“Sejak tgl 19 dirawat di sini, pertama kali datang berat badannya hanya 5,7 kg padahal usianya lebih dari satu tahun,” ungkap Tina saat dihubungi Wartabromo, Sabtu, (23/2/2019).

Baca Juga :   Pejabat Publik Kota Pasuruan Jalani Vaksinasi Kedua

Ia pun menjelaskan, selain gizi buruk, berdasarkan pemeriksaan medis Rasya kemungkinan mengalami gejala TBC.

“Selain gizi buruk, ada suspek TBC, tapi hasil pemeriksaan medis belum keluar,” imbuhnya.

Indikasi ini diperkuat lantaran ayah kandungnya, juga menderita TBC.

Neneng, salah satu relawan kesehatan dari Kelurahan Kebonagung yang turut merawat Rasya mengungkapkan, balita ini kini sudah semakin pulih. Kondisinya membaik daripada saat pertama kali dirujuk ke rumah sakit.

“Kasihan tidak ada yang menjaga, bapaknya kan sakit dirawat di sini juga sementara ibunya baru saja meninggal dunia,” ungkap nenek bercucu tiga ini.

Bantuan baik berupa uang maupun barang untuk Rasya datang bergiliran dari berbagai pihak.

Baca Juga :   Perusahaan yang Tak Izinkan Karyawan Nyoblos Akan Disanksi

“Banyak sekali yang berempati pada Rasya, alhamdulilah bantuan tidak henti-hentinya datang. Kita terus minta doanya saja agar semakin pulih,” tutup Neneng. (ptr/ono)