Unik! Emak-emak di Kota Probolinggo Lomba Kupas Bawang

0
445

Probolinggo (wartabromo.com) – Puluhan emak-emak mengikuti lomba mengupas bawang merah, di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Peserta yang merupakan buruh kupas bawang ini harus mengupas bawang sebanyak-banyaknya untuk bisa menjadi pemenang.

Dalam satu kali sesi, ada 6 orang yang harus mengupas bawang. Setiap peserta diberi jatah 30 kilogram bawang merah untuk dikupas selama kurun waktu 10 menit saja. Semakin banyak bawang yang terkupas, semakin besar kesempatan menangnya.
Meski terlihat perih, namun puluhan peserta ini semangat mengupas puluhan kilogram bawang merah itu.

Asmadi (62), satu-satunya pria yang juga ikut dalam lomba tersebut mengaku sangat tertarik dengan hadiah alat rumah tangga yang dijanjikan panitia. Dengan pengalaman sebagai buruh kupas bawang merah selama 10 tahun, Ia bertekad bisa menang lawan emak-emak.

“Ya selama ini kan kerja saja, ada lomba jadi ingin ikut. Siapa tau menang melawan emak-emak,” ungkapnya, Kamis (14/3/2019)

Setelah beberapa sesi, akhirnya panitia mendapatkan pemenang lomba kupas bawang merah ini. Yuli Astutik (36) salah satu peserta yang menang mengaku senang dan berharap lomba ini bisa mengangkat minat masyarakat terhadap bawang merah.

“Ya senang sekali bisa menang. Disini kan banyak yang tanam bawang biar bisa sentra bawang,” tandasnya.

Lurah Kedungasem, Nurhadi mengaku lomba ini digelar sebagai bentuk rasa syukur karena produksi bawang merah bisa meningkatkan perekonomian daerahnya.

“Selama ini produksi kita meningkat, bahkan sampai pengiriman luar Jawa seperti Kalimantan dan Papua. Harapannya bisa sampai tingkat internasional,” pungkasnya.

Meski dilombakan, namun penyelenggara tetap memberikan upah kepada semua peserta yang mengikuti lomba kupas bawang. Jumlah upah berdasarkan banyaknya bawang merah yang berhasil dikupas peserta.(fng/may)