Banjir di Grati, Aktivitas Sekolah Lumpuh

0
1106

Pasuruan (wartabromo.com) – Beberapa sekolah yang berada di Kecamatan Garti Kabupeten Pasuruan hari ini terpaksa diliburkan. Pasalnya, banjir yang terjadi sejak semalam itu belum juga surut.

Jumadi, Satpam SDN Kedawung Wetan 01, menuturkan, sekolah yang Ia jaga terpaksa diliburkan sementara waktu sampai air surut.

“Semua siswa diliburkan, dari jam 9 malam kemarin airnya gak surut-surut,” ujar Jumadi, Kamis (21/3/2019).

Dijelaskan kemudian, semua ruangan kelas di sekolah tersebut terendam air. Hal ini pula yang membuat aktivitas belajar mengajar dihentikan sementara.

Berdasarkan pantauan wartabromo.com, tampak sekolah yang biasa ramai dengan siswa, kini menjadi sepi. Hanya terlihat beberapa guru dan siswa yang mencoba membersihkan bangunan yang sudah tak terendam air.

Meski libur, namun para siswa tampak membersihkan surau dengan alat seadanya. Lantai kelas dan ruangan lainnya pun tampak berwarna coklat bekas endapan lumpur yang terbawa air.

Berdasar Data Pusdalops BPBD Kabupaten Pasuruan, ada 3 titik di Kecamatan Garti yang terendam Banjir sejak Rabu (20/3/2019) malam. Diantaranya, Dusun Bebekan lor, Dusun Kebruan, dan Desa Kedawung Wetan.

Hujan yang mengguyur kawasan ini kemarin, mengakibatkan banjir mencapai 1,2 meter. Akibatnya, aktivitas warga lumpuh lantaran fasilitas publik yang terendam serta akses jalan yang sulit dilintasi. (bel/may)