BPBD Pasuruan Buka Posko dan Sebar Bantuan untuk Korban Banjir

0
2454
Sejumlah warga yang kebanjiran. (Foto : Akhmad Romadoni)

Pasuruan (wartabromo.com) – Bantuan mulai mengalir ke beberapa Desa di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Pengadaan dapur umum di masing-masing RT menjadi salah satunya.

Bakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, petugas sudah turun ke berbagai titik untuk mendirikan dapur umum.

“Mungkin sekitar pukul 2 siang, sudah didistribusikan ke warga,” ujar Bakti melalui sambungan telepon, Kamis (21/3/2019).

Selain bantuan makanan, BPBD juga mendirikan posko pengungsian bagi para korban banjir. Namun, berdasarkan pantuan lapangan, warga Kedawung memilih untuk tetap bertahan di rumah masing-masing.

Disebutkan kemudian, warga yang rumahnya terendam air cukup dalam pun memilih menumpang rumah tetangga yang tak terdampak banjir.

Menurut Bakti, banjir yang merendam Desa Kedawung ini disebabkan karena beberapa faktor. Di antaranya curah hujan yang tinggi di wilayah Timur, jebolnya gorong-gorong tol, kondisi cuaca yang tak menentu hingga kondisi sungai yang perlu dinormalisasi kembali.

“Semoga airnya cepat surut, dan tidak hujan lagi, biar airnya gak semakin naik,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, banjir sempat merendam ratusan rumah dan fasilitas umum di Grati, Kabupaten Pasuruan. Desa Kedawung Kulon menjadi yang terparah yakni setinggi 1,5 meter. (bel/ono)