Akhir Tahun Ada 5 Pejabat Eselon II Kabupaten Probolinggo Pensiun

3485

Probolinggo (wartabromo.com) – Lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo akan pensiun tahun ini. Pemkab pun akan melakukan seleksi terbuka melalui Lelang Terbuka (Open Bidding).

Lima pejabat ini adalah Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Endang Sriwahyuni. Wanita yang biasa disapa Bu Windu ini, akan pensiun pada 1 Agustus. Sebulan kemudian ada Retno Ngastiti Djuwitani, yang kini menjabat Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Selanjutnya ada Supriyadi, asisten Pemerintahan dan Kesra. Ia akan pensiun pada tanggal 1 Oktober nanti. Kemudian Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS), Hadi Prayitno; dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, M Sidik Wijanarko. Hadi dan Sidik akan purna sebagai ASN pada 1 Desember.

Dengan demikian hingga akhir tahun ada 6 pejabat eselon II yang pensiun. Sebab sebelumnya ada Donny Ardianto yang mengakhiri tugas sebagai Kepala Dinas Pemukiman Rakyat pada 1 April lalu.

“Tentu kami akan melakukan lelang terbuka kembali. Sebab, stok pejabat eselon II saat ini tidak mencukupi untuk mengisi jabatan yang kosong,” kata Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, Minggu (12/4/2019).

Saat ini, ada dinas yang mengalami kekosongan dan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Kekosongan itu terjadi setelah Kepala Dinas PMD Doddy Baskoro dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Ia menggantikan Abdul Halim yang digeser menjadi Asisten III.

Meski akan melakukan lelang terbuka, Tantri mengaku belum memastikan kapan pelaksanaan. Dirinya masih akan memanggil kepala BKD yang baru, guna membahas assesment untuk mengisi kekosongan jabatan itu. Bisa jadi, assesment akan dilakukan pada tahun depan.

“Bisa begitu (dilakukan tahun depan) karena open bidding yang pesertanya 1 orang dan lebih 1 orang biayanya hampir sama. Assesmen adalah bagian dari open bidding dalam pengisian Eselon II,” tandas bupati 2 periode ini. (saw/saw)