Ular Tangga Internet Sehat Warnai PRK Yatim Mandiri Pasuruan

0
721

Pasuruan (WartaBromo) – Beragam upaya dapat dilakukan untuk kampanyekan pemanfaatan internet secara positif. Satu cara kreatif, di antaranya menggelar game edukasi ular tangga.

Seperti dilakukan oleh Relawan TIK Pasuruan, pada Minggu (19/05/2019) pagi tadi, di Yayasan Al-Hikmah Jl. Plaosan 725 Kersikan Bangil.

Kegiatan dirangkai dalam acara Pesantren Ramadhan Kreatif (PRK) Yatim Mandiri Pasuruan tersebut, relawan TIK memanfaatkan permainan Ular Tangga Internet Sehat. Permainan ini dipilih agar dapat menarik para peserta PRK untuk lebih memahami bagaimana cara bijak berinternet secara sehat.

Ular tangga merupakan salah satu permainan yang tak asing di masyarakat. Selain menyenangkan, permainan ini tergolong mudah.

Uniknya, kali ini relawan TIK menyediakan papan ular tangga berukuran raksasa, sehingga pemain bisa menapakkan kakinya di kotak-kotak papan ular tangga. Tak heran, peserta yang sedang ikut PRT, antusias mampir dan mengikuti game tersebut.

Ketua Relawan TIK Pasuruan, Bahruddin mengatakan, dalam game berupa ular tangga raksasa tersebut berisi pesan positif pada setiap kotaknya tentang internet sehat. Di antaranya tentang cara menanggulangi bahaya konten negatif internet, tips aktivitas penggunaaan medsos anak, hingga antisipasi berita hoax. Selain bisa memainkan game edukasi, peserta juga mendapatkan hadiah bagi yang berhasil memenangkannya.

“Dalam upaya mendukung gerakan internet sehat, kami melakukan inovasi dengan mengemas dalam bentuk game edukasi. Sehingga harapannya banyak masyarakat yang antusias,” kata Bahruddin.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus Relawan TIK Jawa Timur. Kak Shela yang ikut menjadi fasilitator fun outbound Pesantren Ramadhan Kreatif (PRK) Yatim Mandiri Pasuruan.

“Kegiatan ini bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak tentang pemanfaatan internet sehat,” ujarnya.

Sekadar informasi, kegiatan menarik ini juga mendapatkan dukungan dari media online wartabromo.com yang juga salah satu media partner Relawan TIK Pasuruan. (**/**)