Hikmah Istiqomah

0
457

Pasuruan (wartabromo.com) – Istiqomah berarti sikap kukuh pada pendirian dan konsekuen dalam tindakan. Ketika seseorang beristiqomah baik dalam keimanan, ibadah maupun perjuangan, maka orang tersebut akan mendapat beberapa keistimewaan.

Ustaz A. Suyuti, Asatidz Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Pasuruan dalam kultumnya menyampaikan, Ada beberapa hikmah dari istiqomah.

Di dalam Al-Qur’an telah disebutkan, saat seseorang mengatakan Allah SWT adalah Tuhannya dan itu dilakukan secara istiqomah, maka barokahlah hidupnya.

Pertama, saat seseorang mengalami naza’, Allah SWT akan menolongnya. Ribuan setan akan memalingkan keimanan kita hingga datanglah Tafsirah Allah, malaikat akan menuntun lisan dan hati kita untuk mengucapkan kalimat tauhid.

Hikmah Istiqomah yang kedua, saat Malaikat Munkar Nakir datang untuk menanyakan kepada ruh kita tentang siapa Tuhanmu, siapa Nabimu, siapa Saudaramu, apa agamamu, apa kiblatmu, siapa imammu. Maka pada waktu itu pula, malaikat datang menuntun diri kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Ketiga, Istiqomah akan melancarkan jalan pada saat kita akan melewati jembatan Siratal Mustaqim untuk menuju surganya Allah.

“Mengapa? itulah berkat barokah Istiqomah di dalam keimanan, ibadah maupun perjuangan,” terang Ustaz Suyuti.

Allah SWT mengatakan kepada malaikatnya, “Wahai Malaikat, sampaikan kepada mereka yang beriman dan Istiqomah, masukkanlah mereka ke dalam Surgaku, karena aku telah menjanjikan surga kepada mereka yang Istiqomah.

Baginda Nabi Besar Muhammad SAW bersabda, seseorang akan mati sesuai dengan perbuatan dan amalannya. (ptr/ono)