Pendaki Semeru Warga Negara Amerika Serikat Meninggal

1101

Lumajang (wartabromo.com) – Seorang pendaki Gunung Semeru berkewarganegaraan Amerika meninggal dunia. Ia meninggal setelah sebelumnya mengeluhkan sakit di beberapa bagian tubuhnya.

Menurut informasi yang didapatkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, sebelumnya pada Jumat (17/5/2019) sekira pukul 10.11 WIB, ada rombongan 7 orang datang. Lalu mereka mengikuti breafing sebelum melakukan perjalanan ke Ranu Kumbolo.

Rombongan pun akhirnya sampai di Ranu Kumbolo sekira pukul 18.00 WIB, dan mendirikan tenda. Lalu, keesokan harinya, pada Sabtu (18/5/2019), Prasetyo Tjondro (62) pendaki ini meminta obat diare kepada temannya karena mengeluh sakit perut.

“Pukul 19.03 WIB kondisi korban semakin memburuk sehingga rombongan memindahkan korban ke selter agar dapat menghangatkan dan memberi pertolongan pertama,” ujar Tim BPBD dalam rilisnya.

Puncaknya pada Minggu (19/5/2019), pukul 00.28 WIB, Jhon Handoyo (porter) menyampaikan bahwa pria kelahiran Jogjakarta itu meninggal dunia.

Selanjutnya, korban langsung dijemput oleh Tim Evakuasi TNBTS ke Rumah Sakit dr. Haryoto Lumajang untuk dilakukan visum. Termasuk akhirnya korban dipulangkan ke tempat kelahiran di Jogjakarta untuk dimakamkan. (may/ono)