Tak Segan Tembak Pelaku Kriminal, Polres Pasuruan Amankan Wilayah Jelang Lebaran

0
2531

Pasuruan (WartaBromo) – Pengamanan wilayah pada Ramadan dan menjelang lebaran di Kabupaten Pasuruan kian ditingkatkan. Bahkan, polisi boleh melakukan tembak di tempat, melumpuhkan pelaku kriminal.

Peningkatan pengamanan oleh Kepolisian Resor Pasuruan itu dilakukan dengan menempatkan sejumlah petugas di titik keramaian, seperti toko emas, fasilitas umum maupun lokasi rawan aksi kriminalitas lainnya.

Toko emas menjadi perhatian, setelah polisi menilai, saat ini terdapat peningkatan transaksi jual beli, sehingga berpotensi dijadikan target tindak kejahatan.

Penempatan petugas secara temporer itu setidaknya terpantau di wilayah Kecamatan Sukorejo, Pandaan, dan Bangil. Tiga wilayah ini kebetulan merupakan titik patroli yang digelar oleh Satuan Sabhara Polres Pasuruan, Selasa (21/5/2019) kali ini.

Kompol Subadar, Kabag Ops Polres Pasuruan mengungkapkan, upaya patroli dan penempatan petugas  bagian dari menjamin keamanan di tengah masyarakat.

Ia menyadari, pelaku kriminal akhir-akhir ini justru seperti kian nekat. Tak hanya menggunakan senjata tajam, seringkali pelaku kriminal membawa bom ikan (bondet), dalam menyasar korbannya.

Itulah kemudian, ia telah memerintahkan kepada anggotanya untuk tidak segan menembak terhadap siapapun yang diyakini sebagai pelaku kriminal. Aksi tembak di tempat itu,. tentunya dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketetapan dalam penanganan tindak kejahatan.

“Kita siapkan amunisi karet, amunisi tajam. Kalau jelas-jelas itu perampok ya sikat!” tandas Kompol Subadar.

Berbagai langkah pihak kepolisian itu, mendapat apresiasi. Salah satu penjaga toko emas pun mengaku merasa nyaman, mendapatkan jaminan keamanan dari polisi.

“Kalau ada tindak kejahatan kan segera ditangani,” ujar seorang penjaga toko emas di Sukorejo. (ono/ono)