Tips Cerdas Berhemat Jelang Lebaran

798
Ilustrasi belanja.

Pasuruan (wartabromo.com) – Tak terasa ramadan telah sampai di hari keduapuluh. Artinya, hari lebaran sudah di depan mata. Pengeluaran pun biasanya mulai membengkak. Untuk itu, perlu tips cerdas menghemat pengeluaran jelang lebaran.

Ada banyak kebutuhan hendak dibeli untuk persiapan di hari raya idul fitri nanti. Biasanya, sebagian besar masyarakat kita akan berbelanja pakaian baru, kebutuhan sajian lebaran dan mempersiapkan angpao untuk dibagi-bagikan. Otomatis, pengeluaran pada hari kemenangan nanti akan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Agar kita tetap bisa berhemat dalam mengontrol keuangan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Jangan sampai momen lebaran membuat kita kurang cerdas hingga berakibat fatal pasca hari raya.

Berikut tips cerdas untuk berhemat menjelang lebaran.

Catat Setiap Kebutuhan
Catat setiap keperluan dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Dengan melakukan pencatatan, ini akan memininalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan atau diperlukan. Pastikan untuk mengutamakan membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon Besar
Bijaklah menyikapi banyaknya tawaran diskon besar yang semakin banyak ditawarkan saat menjelang lebaran. Jangan mudah tergiur walaupun banyak produk yang didiskon secara besar-besaran. Belilah segala sesuatu secukupnya.

Tabung Sebagian Pendapatan
Sesaat setelah mendapat penghasilan dari gaji maupun THR, segera sisihkan sebagiannya untuk tabungan. Jangan sampai menghabiskan pendapatan tersebut dalam sekali waktu. Ada baiknya, Anda memiliki dua rekening tabungan. Salah satu rekening bisa digunakan hanya untuk menabung dan tidak ditarik. Rekening lainnya bisa Anda gunakan untuk berbelanja kebutuhan saat lebaran.

Hindari Terlalu Sering Pergi ke Pusat Perbelanjaan
Jalan-jalan mengungjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun ingat, jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan juga menuntutmu untuk melakukan pengeluaran. Kunjungi pusat perbelanjaan saat memang dibutuhkan. Tinggal di rumah justru akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

Itu beberapa tips berhemat menjelang lebaran. Semoga tips ini bermanfaat yaa.. (ptr/ono)