Puncak Arus Mudik, Penumpang Bus di Terminal Minak Koncar Membludak

701

Lumajang (wartabromo.com) – Penumpang bus di Terminal Minak Koncar, Wonorejo, Lumajang membludak pada H-2 Idul Fitri. Kenaikan penumpang yang masuk terminal ini hingga 150 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh operator terminal Minak Koncar. Setyo Suharmadi mengatakan, jika pada hari biasa, penumpang yang menaiki bus hanya sekira 4.462 orang. Namun mulai H-7 mengalami kenaikan secara bertahap. Lalu pada H-2 Lebaran, jumlah penumpang yang menaiki bus mencapai 11.423 orang perharinya.

“Meski kenaikan penumpang sampai 150 persen, namun tidak terjadi crowded di terminal. Daya Tampung terminal minak koncar masih bisa lebih dari itu. Saat ini, rata-rata perhari 500 bus yang masuk ke terminal, naik sekitar 20 persen dibanding hari-hari biasanya yang hanya sekitar 300 bus per hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban memantau langsung penumpang bus di titik-titik rawan kriminalitas. Termasuk di Terminal Minak Koncar yang terjadi kenaikan penumpang.

“Pengamanan arus mudik ini melibatkan banyak pihak. Kami melihat kesiapan pihak unit pelaksana teknis LLAJ sendiri sudah siap melayani penumpang dan penumpang juga kami lihat tertib memasuki bus yang sesuai tujuan masing masing dan semuanya berjalan dengan lancar” ungkap Arsal.

Arsal juga menyampaikan, bahwa meski ada kenaikan penumpang dan bertambahnya armada bus, namun tidak ada kemacetan yang berarti saat mudik lebaran kali ini. Termasuk di jalur pantura, Lumajang.

“Meski ada peningkatan volume kendaraan hingga 150 persen, tapi arus relatif lancar dan tidak ada kemacetan. Saya juga akan maksimalkan personil saya untuk mengurangi penumpukan kendaraan yang menghambat arus mudik,” pungkas Arsal.(may/ono)