Nasdem Tak Haramkan Perempuan Jadi Ketua Dewan

1762

Probolinggo (wartabromo.com) – DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Probolinggo belum menentukan siapa yang diusung sebagai ketua DPRD setempat. Ada indikasi Nasdem akan menampilkan legislator perempuan sebagai ketua DPRD.

Dalam kontestasi Pemilu legislatif pada 17 April lalu, ada 16 caleg Nasdem yang terpilih. Separuh di antaranya merupakan legislator perempuan. Yakni Rika Apria W, Zulfa Zakiyatul F Dapil 1); Riska Nur F, Nur Azise (Dapil 2); Sumarmi Rasyid (Dapil 3), Nur Hasanah (Nasdem), Siti Maria Ulfa (Dapil 4); serta Wijayanti K (Dapil 5).

Dengan komposisi itu, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo Ahmad Rifa’i menyebut ada peluang bagi kaum perempuan untuk menjadi ketua DPRD periode 2019-2024. Pasca ketua DPRD periode 2014-2019, Imam Suhrowardi yang merupakan kader Nasdem tidak lolos.

“Kalau memang mampu kenapa tidak. Tetapi kami tidak sembarangan untuk menunjuk atau memilih caleg menjadi ketua dewan. Tentunya dia harus benar benar kompeten. Mampu mensejahterakan anggota. Karena itulah, kami tidak grusa grusu untuk memilih ketua,” ujar Rifa’i, Jumat (14/6/2019).

Pria asal Kecamatan Gending ini menuturkan jika pihaknya belum menentukan siapa yang akan dijadikan ketua dewan. Menurutnya, untuk penentuan posisi ketua dewan ditentukan oleh DPP Partai Nasdem. Penetapan itu, menyesuaikan dengan aspirasi dari bawah.

“Masih belum. Masih kami godok siapa yang pantas untuk duduk di kursi ketua,” terangnya.

Sehingga dengan begitu, semua legislator Nasdem mempunyai peluang yang sama. Baik mereka yang petahana maupun pendatang baru.

“Semuanya punya kesempatan untuk menjadi ketua. Tetapi, kami tidak mau siapa yang akan duduk di kursi ketua itu, orang yang tidak berkompeten. Jadi ya harus benar benar disaring dan dipilih siapa yang memang benar-benar pantas,” tandas kontraktor ini. (saw/saw)