Melihat Energi Perjuangan Mengevakuasi Jasad Thoriq, Pendaki Gunung Piramid

12655

Bondowoso (wartabromo.com) – Thoriq, berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dari pegunungan Piramid Desa Ardisaeng, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso. Evakuasi sepertinya cukup menguras energi, karena jasad survivor muda itu berada di bawah tebing dengan kedalaman sekitar 75 meter.

Proses evakuasi melibatkan sedikitnya 100 personil, terdiri dari perwakilan Kodim Bondowoso 514 Raider/Kostrad, Polres Bondowoso, relawan, berikut warga.

Dari laporan diketahui, tim gabungan berjumlah 15 orang, dari Pos 2, bergerak sejak pukul 05.00 WIB subuh, Sabtu (6/7/2019). Tentunya mereka telah dilengkapi dengan peralatan memadai. Pada prosesnya, tim evakuasi pertama ini sudah berada di titik lokasi terjatuhnya Thoriq, setelah melakukan perjalanan lebih dua jam.

Baca Juga :   Pesan di Whatsapp Kini Hanya Bisa "Diteruskan" 5 Kali

Serangkaian upaya dilakukan, terutama oleh seorang relawan dari Wanadri bernama Eko, yang memulai menuruni tebing curam itu.

Selang satu jam kemudian, tim kedua berjumlah 8 orang datang memberikan bantuan. Tim ini berasal dari Basarnas serta Dinas Kesehatan.

Pada pukul 12.30 WIB, korban berhasil dievakuasi dan diangkat ke punggungan bukit untuk dilaksanakan evakuasi ke bawah,” salah satu poin laporan tim gabungan.

Perjuangan tim evakuasi masih berlanjut. Dengan peralatan dan perlengkapan yang telah dibawa sebelumnya, jasad Thoriq pun digotong menyusuri serangkaian tebing dan lembah.

Hampir tiga jam lamanya, jasad Thoriq akhirnya berhasil dibawa ke titik kumpul awal, yakni Pos 2. Serah terima dengan relawan lain pun dilakukan, yang kemudian jasad remaja ini tiba di Pos SAR 1, sekitar pukul 16.05 WIB.

Baca Juga :   Sampel Permen Dibawa Ke BPOM

Selanjutnya menggunakan ambulans Polres Bondowoso, (korban) dievakuasi ke Ruang jenazah rumah sakit Dr H Kusnaedi Kab. Bondowoso untuk dilaksanakan otopsi,” akhir laporan tim.

Diwartakan sebelumnya, Thoriq ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, di bagian selatan Gunung Piramid.

Sebelumnya pencarian sempat dihentikan, namun pencarian dilakukan kembali pada Rabu (3/7/2019). Kali ini Tim SAR gabungan menyisir kembali Gunung Piramid. Penyisiran membuahkan hasil. Thoriq ditemukan di bagian selatan Gunung Piramid pada Jumat (5/7/2019) sekira pukul 15.30 WIB.

“Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor. Diduga survivor terjatuh dan terperosok, lalu tersangkut di batang pohon,” ujar Eko Wahyu Prasetyo, anggota Tim SAR Wanadri. (ono/ono)

Baca Juga :   Twitter jadi Ajang "Pasar Mesum"