Yuk! Main Air di Ranu Segaran Agung

592

Probolinggo (wartabromo.com) – Bingung mau liburan dimana saat akhir pekan? Ada destinasi murah meriah yang tak menguras kantong di Kabupaten Probolinggo. Wisata itu adalah Ranu Segaran Agung di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris. Airnya jernih dan tenang dengan dinding tebing menjulang tinggi.

Suasana di Ranu Segaran Agung masih alami, udara di sekeliling danau sangat sejuk. Air di dalam danau juga sangat jernih, ditambah lagi tebing tebing tinggi yang berada di sisi danau. Membuat danau ini terlihat sangat cantik bak lukisan dalam sebuah pigura.

Cukup membayar 10 ribu rupiah per orang, wisatawan bisa berkeliling mengitari tebing-tebing nan eksotik dengan perahu getek. Sekilas tebing ini miirip dengan tebing Railay di Thailand. Jika ingin lebih lama menaiki rakit bambu itu, cukup menambah 5 ribu rupiah saja, alias membayar 15 ribu.

Di atas perahu, wisatawan dapat mengambil objek foto dari berbagai sudut. Dengan latar tebing atau latar air ranu. Tidak sedikit dari mereka yang berkunjung ke danau ini foto ‘selfie’ di atas getek di tengah danau. Jika naik perahu getek berkeliling danau sebaiknya lebih berhati hati. Karena di bagian tengah ranu cukup dalam dan pemilik getek tidak menyediakan pelampung.

Puas menikmati keindahan tebing dengan bebatuan eksotis, anda bisa main air di tengah ranu. Dengan catatan, pandai berenang atau membawa pelampung. Seperti yang dilakukan oleh Azriel Elmiski (10), bocah asal Kota Kraksaan. Ia bersama keluarganya asyik bermain air. Meloncat dari atas getek tanpa rasa takut. Byuuurrr….

“Suka sekali. Senang sekali main air di sini, airnya jernih. Sering, biasanya sama adik, ayah, dan ibu. Ada juga teman-teman,” tutur putra pertama pasangan Jacky Wicaksono-Andriana ini.

Tak heran jika setiap wisatawan yang berkunjung ke danau ini merasa betah dan ingin berlama lama. Sembari menikmati panorama danau, wisatawan juga dapat melihat gagahnya Gunung Lemongan yang berdiri menjulang dengan cukup jelas.

Menurut Hasan, anggota Pokdarwis Ranu Segaran Agung, biasanya kunjungan wisatawan ramai di akhir pekan, Sabtu-Minggu. Pengunjungnya selain warga lokal, juga banyak dari luar daerah. Selain destinasinya indah, biaya yang dikeluarkan juga cukup murah.

“Bayar sepuluh ribu untuk keliling tebing, kalo agak lama lima belas ribu. Jangankan orang luar, orang sekitar sini cukup takjub. Sebab tebingnya alami, bukan buatan. Sehingga pengunjung penasaran,” kata Hasan.

Meski masyarakat lokal menyebutnya Segaran Agung, namun pelancong lebih mengenalnya sebagai Ranu Agung sesuai nama desanya. Ranu ini, merupakan salah satu danau terbaik yang dimiliki Jawa Timur, tepatnya Kabupaten Probolinggo. Terbentuk oleh letusan Gunung Lemongan, yang hingga kini masih berstatus aktif. Apabila diperhatikan sekilas, memang Ranu Agung ini tampak seperti mangkuk, layaknya bekas kawah.

Lokasinya sedikit tersembunyi dan tidak seperti tempat wisata pada umumnya yang dapat di jangkau dengan kendaraan bermotor. Rute yang harus ditempuh cukup menanjak dengan melewati sederetan hutan. Overall, ranu ini direkomendasikan banget buat para traveller yang menyukai panorama alam dengan medan yang menantang. (cho/saw)