Nama-nama ini Isi 10 Jabatan Strategis di Pemkab Pasuruan

5500

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 333 pejabat Pemkab Pasuruan, mulai Kepala Dinas hingga Kepala Puskesmas dirombak. Ada 10 pimpinan tinggi pratama (Eselon II), mengisi jabatan baru.

Perombakan besar-besaran pada awal periode kedua kepemimpinan Irsyad Yusuf sudah dilakukan. Sepertinya harapan Bupati Pasuruan untuk perbaikan kinerja layanannya kali ini cukup besar, lebih-lebih pada mereka yang duduki jabatan level kepala dinas.

Ada 10 nama, masuk dan bergeser di posisi strategis, untuk memantapkan pengabdian pada tugas dan tanggungjawabnya.

Mereka di antaranya Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) yang diamanahkan kepada Ihwan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian serta Plt Kepala Bappeda. Posisi Kepala Dinas Pertanian, kemudian dipercayakan kepada Yetty Purwaningsih, Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB dan PP).

Nah, setelah Yetty bergeser, jabatan Kepala KB-PP, kini telah diisi oleh Loembini Pedjati Lajoeng. Sebelumnya, ia menjabat Direktur RSUD Bangil.

Nama Misbah Zunib kembali menempati posisi cukup vital. Menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman serta Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), kini Misbah didaulat duduki Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang. Misbah menggantikan Hanung Widya Sasangka yang kini dipindah tugas menjadi Kepala Dinas PU Bina Marga.

Sementara Hari Apriyanto, Kepala Dinas PU Bina Marga dilukir, melanjutkan tugas pengabdiannya sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Lalu, ada Tri Agus Budiharto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, ditugasi untuk menempati posisi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan.

Gus Irsyad ternyata juga mereview posisi Sekwan (Sekretaris Dewan). Setelah sebelumnya dijabat Ahmad Khasani posisi Sekwan kemudian diserahkan kepada Abdul Munif yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Ahmad Khasani, yang juga Plt Kadisnakertrans, mendapat amanah sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Makro. Ia menggantikan Henis Widiyanto yang kini dipercaya sebagai Kepala BKPPD (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah).

Seperti diketahui, sebanyak 333 pejabat dilakukan perombakan, dilantik bersamaan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Rabu (10/07/2019).

Dari jumlah tersebut 10 jabatan merupakan pimpinan tinggi pratama, 87 pejabat administrator, serta 236 pengawas dan fungsional, hingga dokter yang ditugasi menjabat Kepala UPT Puskesmas.

Baca: Sebanyak 333 Pejabat Pemkab Pasuruan Dirombak, Ada Kepala Dinas hingga Kepala Puskesmas

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, mutasi dilakukan melalui serangkaian proses cukup panjang. “Tidak seperti dulu, karena harus melalui Pansel, kemudian izin ke KASN. Pertimbangan kebijakan politik sangat boleh,” kata Irsyad.

Namun, Bupati yang akrab dipanggil Gus Iryad itu menegaskan, meski perombakan bisa didasarkan pada sisi politik, tapi tetap harus mempertimbangkan kebijakan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Ini agar dapat diketahui track record, latar belakang pendidikan dan kinerja. (mil/ono)