Sebanyak 333 Pejabat Pemkab Pasuruan Dirombak, Ada Kepala Dinas hingga Kepala Puskesmas

2636

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 333 pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Pasuruan dilantik, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Rabu (10/07/2019). Mulai dari pejabat setingkat kepala dinas hingga Kepala Puskesmas masuk dalam pelantikan.

Dari ratusan pejabat tersebut, 10 jabatan di antaranya merupakan pimpinan tinggi pratama, 87 pejabat administrator, serta 236 pengawas dan fungsional, hingga dokter yang diberi tugas sebagai Kepala UPT Puskesmas.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, mutasi yang dilakukan kali ini telah melalui serangkaian proses cukup panjang. “Tidak seperti dulu, karena harus melalui Pansel, kemudian izin ke KASN. Pertimbangan kebijakan politik sangat boleh,” kata Irsyad.

Namun, Bupati yang akrab dipanggil Gus Iryad itu menegaskan, meski perombakan bisa didasarkan pada sisi politik, tapi tetap harus mempertimbangkan kebijakan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Ini agar dapat diketahui track record, latar belakang pendidikan dan kinerja pejabat itu sendiri.

Khusus untuk 10 pejabat pimpinan tinggi pratama atau Pejabat Eselon II, beberapa nama pejabat mengisi jabatan baru.

Di antaranya Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) yang diamanahkan kepada Ihwan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian. Ihwan, memang dalam beberapa waktu ini juga merangkap jabatan Kepala Bappeda dengan status Pelaksana tugas (Plt).

Sedangkan posisi Kepala Dinas Pertanian dipercayakan kepada Yetty Purwaningsih yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB dan PP).

Hanya saja, meskipun gerbong jabatan Eselon II telah terisi, kursi jabatan Kepala DPMPT; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa masih belum ada yang menduduki. Kekosongan juga pada jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satpol PP dan RSUD Bangil.

Pelantikan berlangsung cukup hikmad dan terbilang cukup cepat, disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Sekda Agus Sutiadji dan undangan lainnya. (mil/ono)