2 Jurus Bikin Pakaian Licin

397

Pasuruan (wartabromo.com) – Menyetrika sudah menjadi ritual untuk merapikan pakaian. Nah, di zaman yang serba modern ini, setrika bukan satu-satunya alat melicinkan pakaian. Steamer atau setrika uap juga bisa menjadi pilihan.

Lalu, mana yang lebih baik dari keduanya? Berikut penjelasan yang dihimpun dari kompas.com

  • Setrika

Vanessa Valiente, penata gaya pribadi dan pakar mode, mengungkapkan, setrika sangat cocok digunakan untuk merapikan pakaian dengan bahan keras dan kuat. Misalnya, katun, denim, linen atau kanvas.

Pengaturan panas sebelum menyetrika sangan perlu dilakukan. Ya, petunjuk pada label pakaian bisa menjadi acuan seberapa panas yang dibutuhkan untuk kain itu. Cara ini, dinilai ampuh untuk mendapatkan hasil pakaian rapi dan bebas kerutan.

Namun, setrika memiliki beberapa kekurangan diantaranya, membutuhkan waktu untuk menghasilkan panas. Selain itu, menyeterika menggunakan setrika biasa membutuhkan alas khusus, seperti papan atau meja.

  • Stemaer (Setrika Uap)

Pasti sudah tak asing lagi dengan alat ini. Banyak iklan yang mempromosikan kemudahan penggunaan setrika uap ini.

Ya, setrika satu ini memiliki keunggulan, dapat menghilangkan kerutan segala jenis kain. Penggunaannya pun mudah. Cukup menggantung pakaian dan memanfaatkan uap air panas, pakaian bisa rapi seketika.

“Steamer yang mudah digunakan dapat membantu merawat kain yang sangat lembut, karena akan membuatnya halus,” ujar Nathan Ripley, pakar kebersihan dan penataan rumah.

Nathan menambahkan, setrika uap mudah dinyalakan kembali sepanjang hari. Ini jelas tak bisa dilakukan oleh setrika yang hanya menggunakan panas.

Setrika uap ini cocok untuk kain yang bertekstur lembut, seperti rayon, sifon, ataupun sutra. Meskipun kain berbahan kaku juga bisa menggunakan setrika jenis ini, tapi waktunyang dibutuhkan sangat lama agar pakaian benar-benar bebas kerutan.

Keuntungan lain dari steamer adalah dapat membunuh bakteri, pakaian jadi lebih segar dan bebas bau. Alat ini juga dapat meminimalisir risiko pakaian terbakar. Bisa juga menambahkan lipatan yang tidak diinginkan dan sulit untuk dihilangkan.

Pada dasarnya, setiap pakaian memiliki tekstur dan bahan yang berbeda. Tentu saja, cara merawatnya pun juga berbeda. Membaca instruksi perawatan pada label pakaian bisa menjadi pedoman agar kita tak melakukan kesalahan yang berakibat pada rusaknya pakaian.

Jadi, kalian tim setrika biasa atau setrika uap? (bel/may)