Siswa SMP di Lumajang Dapat Seragam Gratis, Tapi Masih ada Tanggungan ini Lho?

444

Lumajang (wartabromo.com) – Orang tua mulai dikumpulkan untuk mekanisme pemenuhan seragam atau keperluan sekolah, menyusul rampungnya penerimaan siswa baru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Di Lumajang, ada 2 stel seragam gratis yang diberikan pemerintah daerah kepada para siswa baru.

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Bambang Hidayat, Ketua Komite Sekolah UPT SMP Negeri 1 Lumajang saat melakukan sosialisasi kepada para orang tua murid.

“Siswa bakal dapat seragam sekolah biru, putih, dan pramuka yang diberi oleh Pemkab Lumajang. Rencananya pertengahan atau akhir Juli sudah dapat dari Pemkab,” ujarnya.

Beberapa keperluan yang dibebankan kepada orang tua di antaranya seragam batik,  olahraga, hingga seragam khusus sekolah, serta beberapa bed seragam.

“Kebutuhan kelengkapan seragam lain-lain dibebankan kepada wali murid. Pembelian bisa dilakukan di Koperasi guru dan siswa SMPN 1 Lumajang,” lanjutnya.

Untuk siswa, pembelian keperluan lain tersebut totalnya mencapai Rp537.500, sementara untuk siswi sekitar Rp650.000. Perbedaan ini karena ada beberapa barang yang harus dimiliki murid perempuan, seperti hijab sekolah.

Meski begitu, pihak sekolah tidak menekan para orang tua untuk segera melakukan pembelian kebutuhan. Jika para orang tua belum bisa membeli, maka diperkenankan menggunakan seragam Sekolah Dasar terlebih dahulu.

Sementara untuk sekolah lain, memiliki kebijakan berbeda. Hal ini karena keperluan tiap sekolah juga tidak sama.

Penelusuran wartabromo.com di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Online, nilai lelang seragam ini mencapai Rp3.442.812.500 untuk seragam pramuka SMP Negeri/swasta. Pun demikian untuk seragam pramuka, nilainya sama yakni Rp3.442.812.500.

Sementara itu batas akhir proses pengadaan seragam sekolah ini sampai pada 22 Juli 2019 mendatang. (may/ono)