Alhamdulillah, 1.022 Calhaj Lumajang Sudah Berangkat Menuju Makkah

475
Pemberangkatan CJH asal Lumajang. (Foto : Pemkab Lumajang).

Lumajang (Wartabromo.com) – Sebanyak 1.022 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lumajang mulai berangkat menuju tanah suci Makkah. Calon haji yang diberangkatkan kali ini tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 25, 26, dan 27.

Mereka diberangkatkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq-Indah Amperawati pada Senin (15/7/2019) dini hari, dari Pendopo Arya Wiraraja Lumajang menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

“Jemaah haji akan menuju asrama haji Sukolilo, InsyaAllah besok lusa langsung menuju Madinah. Jumlah total jemaah haji dari Kabupaten Lumajang 1.022. Yang akan diberangkatkan dengan 5 kloter, dengan sisa kloter nantinya akan diberangkatkan bertahap sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Kementerian Agama,” jelas Cak Thoriq, sapaan akrabnya.

Tiga kloter tersebut masing-masing terbagi 445 jemaah dengan 10 bus. Lalu kloter 26, 444 CJH dengan 10 bus. Sementara kloter 27 berjumlah 133 orang dengan menggunakan 3 bus. Sementara 1 unit bus cadangan disediakan oleh Pemkab Lumajang, beserta 3 unit ambulans, dan mobil Patwal.

“Kita setiap tahun telah memfasilitasi calon jemaah haji, untuk seluruh akomodasi, dari Kabupaten Lumajang, Pendopo menuju asrama haji Sukolilo, anggaran dan pembiayaan telah kami siapkan setiap tahun sebagai penghormatan kita kepada calon jemaah haji Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati dan Wabup berpesan supaya jemaah Haji menjaga kesehatan. Hal tersebut karena cuaca di Indonesia dan tanah suci Makkah maupun Madinah berbeda jauh.

“Semoga para jemaah selalu diberikan kesehatan, selamat sampai di tanah air dan menjadi haji mabrur,” pungkasnya. (may/ono)