Dorong Kiprah Pelaku Ekonomi Kreatif, Bappelitbangda Kota Pasuruan Gelar Festival

460
Raharto Teno Prasetyo, Wakil Wali Kota Pasuruan.

Pasuruan (wartabromo.com) – Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan selenggarakan Festival Ekonomi Kreatif. Kegiatan kali pertama digelar ini bertujuan untuk mendorong kiprah para pelaku ekonomi kreatif.

Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan, Djoko Adri Srijono mengungkapkan, cara ini sengaja dikemas dengan tujuan mengkampanyekan kelestarian lingkungan. Kegiatan kali ini lebih difokuskan dengan meminimalisir penggunaan plastik.

“Di sini, para pengunjung yang membawa botol minum sendiri, akan mendapat potongan harga di beberapa tenant,” kata Djoko.

Wah cukup menarik ya..?

Sementara, di lain kesempatan, Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan dan meningkatkan nuansa kemajuan penunjang ekonomi dari para pelaku kreatif. Sebab, ekonomi kreatif juga merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia.

Menurut Teno, setiap OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan secara bergantian dapat menyelenggarakan festival ekonomi kreatif.

“Ini terobosan buah dari kreativitas,” imbuh Teno.

Ya, festival ini merupakan triger, pemicu, dan harus di tindaklanjuti oleh Dinas terkait. Ekonomi kreatif erat kaitannya dengan ketrampilan kerja, usaha, iklim investasi, seni budaya, pariwisata, hingga teknologi informasi.

Ditambahkan kemudian, penyelenggaraan festival ini nantinya memberikan hasil berupa database pelaku dan komunitas kreatif Kota Pasuruan. Selanjutnya, bakal terjalin kerja antar pelaku maupun komunitas ekonomi kreatif. (bel/**)