Tak disarankan Kresek, Bungkus Daging Kurban Bisa Pakai Daun Pisang dan Besek

566
Besek dan daun pisang

Jakarta (wartabromo.com) – Hari Raya Idul Adha 1440 H dipastikan jatuh pada 11 Agustus 2019. Kementerian Agama (Kemenag) pun mengimbau agar masyarakat tak menggunakan kantong kresek untuk membungkus daging qurban. Sebagai gantinya, Kemenag menyarankan agar memakai daun pisang dan besek (anyaman bambu pembungkus makanan).

Dikutip dari Tirto.id, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin menyarankan masyarakat menggunakan daun pisang untuk membungkus daging kurban.

“Itu lebih bagus, pakai daun pisang, amisnya bisa hilang,” ujarnya di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019) malam.

Imbauan tersebut dilakukan untuk mendukung gerakan masyarakat mengurangi pemakaian plastik. Apalagi dalam momentum Hari Raya Idul Adha, biasanya masyarakat menggunakan plastik sebagai pembungkus daging kurban.

Selain tidak ramah bagi lingkungan, plastik terutama kantong kresek hitam dapat membahayakan kualitas daging.
Seperti yang dijelaskan Kepala Pusat Penelitian Kimia Fungsional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Haryono mengatakan, apabila kantong kresek hitam dipakai membungkus daging, lemak pada daging lebih cepat menyerap kandungan berbahaya yang ada pada kresek tersebut.

Baca: Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus 2019

Selain itu, menurutnya kresek hitam merupakan hasil dari plastik daur ulang yang belum diketahui asal-usulnya.

“Plastik hitam terbuat dari plastik daur ulang, jadi tidak disarankan bersentuhan langsung dengan makanan,” pungkas Agus. (ptr/ono)