Asyik, PNS Bisa Kerja dari Rumah!

875

Jakarta (wartabromo.com) – Seperti layaknya para pekerja di perusahaan start up, sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun bakal lebih fleksibel. Rencananya, Aparatur Sipil Negara (ASN) ini bisa melakukan pekerjaannya dari rumah.

Memang, selama ini PNS banyak menghabiskan waktu bekerja di kantor, hal ini mungkin sebentar lagi akan berubah.

Dikutip dari Kompas.com, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengaku sedang membuat rencana agar PNS bisa kerja dari rumah.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmaja saat menjadi pembicara dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi.

“Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli lebih akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja,” ujarnya di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Pihaknya juga menyampaikan, pengaturan soal sistem kerja PNS tersebut akan dibahas lebih teknis. Agar jika diterapkan, tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan.

“Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung saja juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya,” imbuhnya.

Setiawan Wangsaatmaja belum memastikan kapan rencana tersebut dapat terealisasi. Namun ia mengatakan, jumlah PNS yang melek teknologi akan semakin bertambah seiring rekruitmen baru yang diisi generasi melek teknologi.

Pada 2024 mendatang, pemerintah telah merencanakan apabila PNS nantinya akan banyak diisi oleh pegawai-pegawai yang melek teknologi maupun memiliki basis kemampuan teknologi informasi yang cukup kuat atau yang disebut generasi 4.0.

Untuk menyambut PNS 4.0 itu, pemerintah sudah memulainya dengan proses rekruitmen PNS yang menggunakan sistem komputer atau internet. (ptr/may)