Bukan Masuk Angin, Gejala Ini Bisa Jadi Penyakit Serius

12287
Ilustrasi Masuk Angin. Sumber Foto : Nyunyu.com

Pasuruan (Wartabromo.com) – Gejala perut kembung diidentikkan dengan masuk angin biasa. Padahal gejala-gejala kecil seperti itu bisa jadi menjadi indikator ada yang tak beres dengan tubuh bahkan tanda penyakit serius.

Tak hanya kembung, bau mulut, sakit kepala, juga sering diabaikan karena dianggap sepele. Dikutip dari viva, ada beberapa gejala yang menjadi tanda-tanda tubuh sedang dalam kondisi tak sehat.

1. Kembung

Perut kembung yang terus menerus, ternyata bukan sekedar gas lho. Berbagai penyakit seperti alergi, tukak lambung, bahkan kanker usus juga gejalanya dari perut yang terasa kembung terus menerus.

2. Bau mulut

Ketika kebersihan mulut sudah dijaga, tapi tetap bau mulut, ini perlu diwaspadai. Bisa jadi, itu merupakan kondisi yang dikenal dengan halitosis bahkan sinusitis.

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah satu yang sering disepelekan, dan dianggap akan sembuh dengan sendirinya. Padahal penyakit mematikan seperti tumor otak juga ditandai dengan gejala sakit kepala konstan. Jadi, jika kepala sudah terasa pusing berkepanjangan, segera lakukan pemeriksaan.

4. Kentut berbau menyengat

Siapa sangka, bila sering mengeluarkan aroma kentut yang menyengat menjadi indikator adanya gangguan pencernaan. Ini tidak normal.

5. Kenaikan atau penurunan berat badan

Berat badan yang tiba-tiba naik atau turun, padahal tak sedang menjalani program tertentu, bisa menjadi tanda kesehatan yang buruk lho.

6. Kelelahan

Satu lagi gejala yang dianggap remeh, yakni kelelahan. Mudah merasa lelah ketika sedang tak melakukan aktivitas berat, bisa menjadi salah satu faktor yang menunjukkan tubuh mengalami anemia atau bahkan kanker.

7. Kram otot

Nah, kram otot memang bukan gejala ringan bila dibandingkan dengan gejala-gejala sebelumnya. Tapi, kram otot juga sering diabaikan. Padahal bisa jadi, itu pertanda tubuh kekurangan nutrisi, dan osteoporosis.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika sering memeriksakan kondisi tubuh jika mengalami beberapa gejala diatas. Tetapi, jangan kemudian menjadi orang yang paranoid dan terlalu cemas bila mengalami tanda-tanda diatas. Tetap jaga kesehatan, dan jangan mudah menyimpulkan. (bel/may)