Gapura Warga Ndamar Purwosari Dapat Hadiah dari Presiden Jokowi

13463
Gapura RT 22 RW 08 Dusun Ndamar Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan ( foto : Istimewa)

Purwosari (wartabromo.com) – Siapa sangka, jika gapura yang berdiri di perbatasan RT 22 RW 08 Dusun Damar (Ndamar,red) Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan terpilih sebagai salah satu dari 40 gapura kategori umum yang mendapatkan hadiah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Mengangkat tema budaya jawa warisan leluhur dengan lambang garuda di tengah, dua wayang di kiri dan kanan serta tulisan Dirgahayu Indonesia yang bermotif huruf jawa. Gapura kreatif ini meraih peringkat ke 15 dari 40 peserta gapura kategori umum yang dilombakan di Festival Gapura Cinta Negeri 2019.

“Alhamdulillah, kita jadi satu – satunya pemenang dari Kabupaten Pasuruan, ” ujar Kholik sang Ketua RT 22 bergembira.

Menurutnya, gapura tersebut murni dari hasil kreatifitas warga yang secara sukarela bahu membahu bekerja bakti dengan mengeluarkan uang iuran untuk membangunnya.
“Kami iuran sukarela untuk beli bahannya. Untuk tenaga, kita kerja bakti, ” ujar Rokhimin, salah satu warga.

Kebanggaan warga sangat terasa, bukan soal nilai hadiah apresiasi Rp. 5 juta yang didapatkan. Namun, nama kampung mereka bisa terangkat dikancah nasional dan mendapatkan perhatian langsung dari orang nomer satu di Republik ini.

“Kami sangat bangga karena bisa bersaing di kancah nasional. Padahal ya wong – wong kampung yang buat, ” tambah Pak RW setempat, Ramuji dengan nada gembira.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gapura Cinta Negeri (@festivalgapura) on

Camat Purwosari, Eka Wara saat dikonfirmasi wartabromo.com mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh warga Dusun Ndamar Desa Sekarmojo tersebut. Pihaknya sama sekali tak menyangka dan berharap agar kreatifitas ini bisa menular ke desa lainnya.
“Saya baru tahu. Gak nyangka. Ini sangat membanggakan dan patut diapresiasi,” tuturnya.

Festival Gapura Cinta Negeri 2019 sendiri diikuti oleh 1793 peserta gapura dari 33 propinsi di Indonesia. Ada 10 pemenang kategori umum yakni , 3 pemenang kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi yang diundang khusus oleh Presiden ke istana negara. Sementara itu, ada pula 40 gapura terpilih ytang berhak mendapatkan hadiah apresiasi dari Presiden sebesar Rp. 5 juta. (yog/**)