Saus Tomat Mengurangi Risiko Kanker, Benarkah?

460

Pasuruan (wartabromo.com) – Siapa yang tak kenal saus tomat. Olahan saus dari buah berwarna merah ini biasanya disajikan sebagai pendamping camilan atau bahkan sebagai bumbu masakan utama.

Tahukah bolo, bahwa tomat yang diolah menjadi saus ternyata bisa melindungi tubuh dari kanker?

Ya, dalam studi yang baru dilakukan Universitas Politecnica de Valencia, Spanyol telah menemukan beberapa temuan menarik terkait saus tomat.

Dikutip dari berbagai sumber, ekstrak buah berwarna merah yang dimasak, dapat meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, saus tomat juga memiliki probiotik lebih baik daripada dikonsumsi mentah.

Tak sampai disitu, ekstrak tomat dimasak, juga melindungi likopen yang dikenal memiliki efekĀ antioksidan. Ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan kanker. Pasalnya, para peneliti menemukan, saus tomat mampu memperlambat penyebaran sel kanker.

Meski begitu, perlu diperhatikan saus tomat yang akan dikonsumsi ya. Saus tomat dengan campuran bahan kimia bukan pilihan tepat. Saus tomat yang diolah sendiri dari tadi tomat segar lebih disarankan. (bel/may)